Anggaran yang kita gunakan ini harus memberikan dampak pertumbuhan ekonomi, dampak ekonomi kepada masyarakat, kita mulai ke sana
Manado (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan perbaikan fasilitas kawasan wisata Sulawesi Utara (Sulut)  dapat selesai pada 2020.

"Targetnya selesai tahun depan. Semuanya airport tahun depan, di (Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK) Likupang tahun depan, yang di (KEK) Bitung, Pulau Lembeh itu juga kita harapkan tahun depan juga mulai jembatannya, termasuk beberapa tempat yang tadi malam kami lihat di pinggir pantai ada plaza pantai di Kota Manado," kata Presiden Jokowi di dermaga Taman Nasional Bunaken, Sulut Jumat.

Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan para menteri Kabinet Kerja mengunjungi Taman Nasional Bunaken pada hari ini sekaligus mengecek sejumlah fasilitas di kawasan wisata tersebut.

Presiden juga sempat menikmati keindahan bawah air Bunaken melalui jendela kaca di dasar lambung kapal saat berada di perairan tersebut.

"Ini kejar-kejaran. Kita ini dikejar oleh turis yang ingin masuk, tapi runway-nya kurang panjang, terminal airport-nya kurang gede, produknya banyak yang harus disiapkan. Ini kan kejar-kejaran, jangan sampai ditinggal oleh konsumen. Kenapa kita ke lapangan? Karena kita ingin mengejar itu, kalau biasa-biasa saja, kita mungkin tidak, ini ada keadaan luar biasa yang turis ingin masuk, tapi kita harus menyiapkan," ungkap Presiden Jokowi.

Untuk menyelesaikan seluruh rencana pembangunan fasilitas tersebut, Presiden akan membicarakan soal tata ruang tersebut dengan para menterinya sebelum kembali ke Jakarta pada hari ini.

"Tata ruang untuk kota, untuk wilayah pariwisata, dua-duanya. Setelah ini rampung, kita akan pindah mungkin dua minggu lagi di Labuan Bajo, keadaannya sama," tambah Presiden Jokowi.

Anggaran pembangunan tersebut, kata Presiden, berasal dari anggaran pemerintah pusat.

"Anggaran yang kita gunakan ini harus memberikan dampak pertumbuhan ekonomi, dampak ekonomi kepada masyarakat, kita mulai ke sana. Jadi infrastruktur betul-betul memberikan dampak terhadap investasi, dampak ekonomi, dampak kepada masyarakat," katanya lagi.

Presiden Jokowi datang ke Bunaken didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Staf Khusus Presiden Johan Budi dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Pembenahan Bunaken, Presiden Jokowi ingin didesain dengan baik
 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019