Jakarta (ANTARA) - Pedagang souvenir di sentra Lenggang Jakarta yang terletak di Kawasan Monas kecipratan rezeki karena adanya acara HUT Bhayangkara ke-73 yang diramaikan oleh ribuan peserta TNI, Polri, dan masyarakat umum.

Berbagai cenderamata seperti baju, gantungan kunci, miniatur, dan benda lain khas Jakarta laku terjual. Para pedagang mengaku bahwa dagangan mereka lebih banyak yang laku jika dibandingkan ketika tidak ada acara di Monas.

“Ramai karena ibu polisi, bapak tentara pada beli. Di hari Minggu biasa paling laku enggak sampai 20 baju, ini sudah laku lebih dari 30 baju,” kata Adi yang merupakan pedagang baju di sentra Lenggang Jakarta, Kawasan Monas, Minggu.

Baca juga: Kapolri: Olahraga bersama HUT Bhayangkara redakan stres pascapemilu

Baca juga: HUT Bhayangkara, Kapolri ajak rakyat tak lagi terpolarisasi pilpres

Baca juga: TNI-Polri gelar olahraga bersama rayakan HUT Bhayangkara


Senada dengan Adi, Wahyuni juga merasakan dampak positif dari adanya acara tersebut. Dagangannya yang berupa cenderamata seperti gantungan kunci, miniatur, serta beberapa barang lain khas Jakarta juga laku terjual.

“Banyak yang laku, gantungan kunci terus miniatur pokoknya yang ada tulisan Jakarta sama gambar Monasnya banyak yang beli,” ujarnya.

Pembeli tersebut datang dari peserta acara HUT Bhayangkara yang berasal dari anggota TNI-Polri dan masyarakat umum. Seperti Novia Nur Triawati yang berasal dari satuan Diklat Reserse Lembdiklat Polri mengaku bahwa selain ia mengikuti acara, namun juga sekaligus membelikan oleh-oleh untuk teman-temannya.

“Saya beli 3 baju yang ada gambar tugu Monas dan tulisan Jakarta untuk teman-teman. Murah karena ini 3 potong baju hanya Rp100.000 saja,” katanya.

Selain Novia, ada Edi yang mampir ke Monas setelah mengikuti Car Free Day di Bundaran HI. Ia yang datang bersama istri mengaku bahwa selain ke Monas untuk melihat hiburan yang ada di acara HUT Bhayangkara, ia juga menyempatkan diri untuk membeli beberapa cendera mata seperti baju dan miniatur Monas.

“Beli untuk anak yang khas Jakarta saja biar anak senang,” ujarnya.

Acara HUT Bhayangkara ke-73 dipadati ribuan warga yang datang dari berbagai daerah. Acara tersebut diramaikan dengan atraksi marching band yang ditampilkan oleh Akmil dan Akpol, aksi terjun payung dari 22 anggota TNI maupun POLRI, serta hiburan dari beberapa artis Ibu Kota dan ada doorprize.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019