counter

Piala Dunia FIBA

Clarkson masuk opsi pemain naturalisasi Filipina

Clarkson masuk opsi pemain naturalisasi Filipina

Pebasket Cleveland Cavaliers Jordan Clarkson berebut bola dengan pebasket Toronto Raptors Kyle Lowry pada pertandingan NBA di Quicken Loans Arena, Cleveland, Selasa (12/3/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/USA TODAY Sports/pras.

Jakarta (ANTARA) - Pebasket tim NBA Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, kembali dipanggil dalam roster 19 pemain tim nasional Filipina untuk persiapan Piala Dunia FIBA 2019, yang membuatnya masuk jajaran opsi pemain naturalisasi Raja Bola Basket Asia Tenggara itu.

Clarkson, menjadi satu dari empat pemain naturalisasi yang tercantum dalam roster sementara Filipina yang diumumkanSenin tersebut, bersama pemain senior Andray Blatche, Stanley Pringle dan Christian Standhardinger.

Kendati demikian, pelatih kepala Yeng Guiao nantinya hanya diperbolehkan membawa satu pemain naturalisasi ketika Filipina menjalani putaran final Piala Dunia FIBA 2019 di China pada 31 Agustus sampai 15 September.

Clarkson terakhir kali tampil untuk Filipina dalam Asian Games 2018 di Jakarta di mana mereka hanya bisa mencapai babak perempat final sebelum ditundukkan peraih medali emas China.

FIBA, sejauh ini masih mengkategorikan Clarkson sebagai pemain naturalisasi kendati ibunya memiliki darah keturunan Filipina. Sejak 2015 Filipina berusaha memperjelas status Clarkson sebagai pemain lokal, namun sampai saat ini hal itu belum berhasil pada tingkat FIBA.

Pringle dan Standhardinger sempat tampil dalam dua pertandingan membela Filipina dalam fase kualifikasi zona Asia-Oseania. Pringle membukukan rataan 23,5 poin dan 10 rebound, sedangkan Standhardinger 21 poin dan 4,5 rebound dalam penampilan mereka di fase kualifikasi.

"Kami akan melakukan penilaian selama fase latihan. Ini rencana cadangan. Semoga saja Andray tidak cedera, namun dengan komposisi ini kami memiliki opsi pemain naturalisasi lain jika sesuatu terjadi," kata Guiao dilansir laman resmi FIBA.

Baca juga: Nikola Jokic jadi sorotan dalam tim Serbia

Dari 19 pemain yang diundang Guiao, 17 di antaranya pernah tampil dalam fase kualifikasi, kecuali CJ Perez dan Robert Bolick.

Gabe Norwood tampil dalam semua laga fase kualifikasi untuk Filipina, sedangkan Japeth Aguilar hanya absen dalam satu pertandingan saja.

June Mar Farjado, peraih lima kali gelar Pemain Terbaik (MVP) Liga Basket Filipina PBA, juga diundang oleh Guiao, demikian juga nama-nama andalan seperti Matthew Wright, Roher Pogoy, Troy Rosario dan Marcio Lassiter.

Filipina akan memulai pemusatan latihan di Spanyol pada 4-12 Agustus dan bakal tampil dalam turnamen pemanasan menghadapi Kongo, Pantai Gading dan mungkin Spanyol.

Laga pemanasan terakhir mereka dilangsungkan pada 23 dan 25 Agustus menghadapi tim Liga Australia NBL, Adelaide 36ers.

Di China, Filipina tergabung di Grup D bersama Angola, Italia dan Serbia yang akan berlaga di Foshan. Italia bakal menjadi lawan pertama Filipina sebelum bertemu Serbia dan Angola tiap dua hari setelahnya.

Baca juga: Dua bintang NBA dan satu rekrutan anyar warnai saringan roster Italia

Berikut roster 19 pemain sementara timnas Filipina jelang Piala Dunia FIBA:

Andray Blatche (forward/center), Beau Belga (guard/forward/center), CJ Perez (guard/forward), Chrisian Standhardinger (forward/center), Gabe Norwood (guard), Japeth Aguilar (forward/center), Jordan Clarkson (guard), Junemar Fajardo (center), Kiefer Ravena (guard), Marcio Lassiter (guard/forward), Mark Barroca (guard), Matthew Wirght (guard/forward), Paul Lee (guard), Poy Erram (center), Raymond Almazan (forward/center), Robert Bolick (guard), Roher Podgy (guard/forward), Stanley Pringle (guard), Troy Rosario (forward)

Baca juga: Brasil pastikan tiga elemen perkuat timnas untuk Piala Dunia FIBA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar