counter

Semangat HUT RI ke-74 mulai dikobarkan di Davao, Filipina

Semangat HUT RI ke-74 mulai dikobarkan di Davao, Filipina

Konsulat Jenderal RI Davao mengadakan acara jalan sehat dalam rangka merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 di Kota Davao, Filipina, Minggu (21/7/2019). (KJRI Davao)

Jakarta (ANTARA) - Semangat perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 mulai berkobar di Davao, Filipina, kala Konsulat Jenderal Indonesia di kota itu mengadakan jalan sehat bagi diaspora Indonesia, Minggu (21/7).

Menurut keterangan KJRI Davao yang diterima di Jakarta, Senin, acara jalan sehat itu dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di Davao, Dicky Fabian, dan diikuti oleh seluruh keluarga besar KJRI dan masyarakat Indonesia yang berdomisili di sana.

“Selain untuk mengawali kegiatan peringatan HUT RI, juga untuk mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia yang berada di Davao,” kata Konjen Dicky Fabian.

Salah seorang peserta, Muntowif, mengatakan acara tersebut memberi kesempatan baginya untuk lebih mengenal diaspora Indonesia yang tinggal di Davao seperti dirinya.

“Selain bisa lebih akrab dengan pegawai KJRI, juga bisa lebih mengenal masyarakat Indonesia yang berasal dari daerah lain di Davao,” katanya.

Usai acara jalan sehat, rangkaian peringatan HUT RI ke-74 di Davao akan dilanjutkan dengan pertandingan tenis meja dan lomba ketangkasan untuk anak-anak, guna memupuk rasa persatuan dan nasionalisme.

Puncak acara akan jatuh pada tanggal 17 Agustus dengan pengibaran sang saka bendera merah putih, diikuti dengan resepsi diplomatik pada malam harinya.

Lebih lanjut, untuk merayakan HUT RI ke-73 pada tahun 2018 lalu, KJRI Davao memberikan paspor secara simbolis kepada 16 orang wakil WNI dari 16 wilayah di Mindanao Selatan.

Pemberian paspor itu merupakan bentuk upaya perlindungan bagi masyarakat keturunan Indonesia di Davao.

Baca juga: KJRI Davao lakukan pencatatan keturunan Indonesia di Filipina

Baca juga: 50 pelari rayakan HUT RI dengan lari Rengasdengklok-Jakarta

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden RI apresiasi pemenang Festival Gapura Cinta Negeri

Komentar