counter

Hubungan Jepang - Korea Selatan "sangat parah"

Hubungan Jepang - Korea Selatan "sangat parah"

Presiden Korea Selatan Moon Jae-In (kanan) disambut oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kiri) saat tiba untuk mengikuti sesi foto KTT G20 Osaka, Jepang, 28/6/2019. (ANTARA/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/Pool/tm)

Tokyo (ANTARA) - Juru bicara terkemuka pemerintah Jepang pada Rabu mengatakan bahwa hubungan negara tersebut dengan Korea Selatan mencapai keadaan "sangat parah".

Ia mengatakan Tokyo akan terus mendesak Seoul agara mengambil tindakan yang sepatutnya untuk mengatasi persoalan yang membuat genting hubungan bilateral tersebut.

Pada Selasa (23/7), Jepang melancarkan protes terhadap Korea Selatan dan Rusia setelah pesawat perang Korea Selatan menembakkan ratusan tembakan peringatan ke sebuah pesawat militer Rusia, pada Selasa.

Jepang dan Korea Selatan juga berselisih dalam persoalan hambatan ekspor, yang dikenakan Jepang atas bahan-bahan teknologi tinggi tertentu menuju Korea Selatan. 

"Hubungan Jepang - Korsel sekarang dalam keadaan sangat parah," Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga dalam suatu jumpa pers.

"Negara kita akan terus mendesak Korea Selatan untuk mengambil langkah yang patut dengan dasar pendirian kita atas berbagai persoalan."

Sumber: Reuters

Baca juga: Korsel lepaskan ratusan tembakan peringatan ke pesawat militer Rusia
​​​​​​​
Baca juga: Jepang: Harusnya kami yang menindak pesawat Rusia, bukan Korsel

Baca juga: Korsel: Tuduhan Jepang soal pelanggaran sanksi Korut "tantangan besar"

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar