Boyolali (ANTARA) - Jamaah calon haji asal Embarkasi Surakarta Jawa Tengah yang wafat hingga pemberangkatan kelompok terbang 59 asal Kabupaten Pati bertambah satu, sehingga totalnya menjadi lima orang.

Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo, di asrama haji Donohudan Boyolali, Rabu, mengatakan, berdasarkan informasi melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang diterima di Embarkasi Surakarta, ada satu calon haji wafat, yakni Sutrisno Suratman Ahmad (54) warga Sengonsari RT 03 RW 03 Kabupaten Batang yang tergabung kloter 43.

Menurut Agus, calon haji tersebut wafat karena sakit gangguan saluran penafasan dan wafat setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), pada Selasa (23/7), pukul 18.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Jenazah Sutrisno Suratman Ahmad kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharayya Mekah Arab Saudi," katanya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta setelah menerima surat resmi pemberitahuan dari petugas di Arab Saudi soal wafatnya seorang calon haji asal Kabupaten Batang, langsung dilanjutkan ke panitia daerah, dan kemudian ke pihak keluarganya.

Menurut dia, dengan dilaporkan calon haji asal Batang tersebut, jumlah calon haji  yang wafat menjadi lima orang. Karena, sebelumnya ada empat orang yang terdiri dari dua orang di Tanah Suci, satu di dalam pesawat terbang saat perjalanan ke Madinah, dan satu lainnya di asrama haji Boyolali.

PPIH Embarkasi Surakarta hingga memasuki pemberangkatan jamaah calon haji gelombang dua, pada Rabu ini, telah memberangkatkan jamaah sebanyak tiga kloter yakni 57 asal Kabupaten Rembang, kemudian disusul kloter 58 gabungan asal Rembang dan Pati, kemudian kloter 59 asal Pati.

Jamaah calon haji kloter 57 sebanyak 359 orang diterbangkan melalui Bandara Adi Soemarmo menuju Tanah Suci Mekkah, pada pukul 02.13 WIB, kemudian dilanjutkan kloter 58 sebanyak 360 orang, pukul 06.11 WIB.

"Jamaah calon haji kloter 59 sebanyak 360 orang atau pesawat terbang dengan 'seat full'. Kloter ini, diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah pukul 07.10 WIB," katanya.

Menurut dia, dengan diterbangkan kloter 59 asal Pati Jateng tersebut, jumlah jamaah calon haji  asal Embarkasi Surakarta yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 21.143 orang. Sedangkan, jumlah total jamaah calon haji yang bakal diberangkat sebanyak 34.940 orang terbagi menjadi 97 kloter.

Baca juga: Embarkasi Surakarta berangkatkan seluruh JCH gelombang pertama
Baca juga: Calon haji Jateng wafat mencapai 19 jamaah
Baca juga: Calon haji tertua di Kabupaten Banyumas-Jateng berusia 91 tahun


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019