PLN: Jaringan listrik delapan desa di Amfoang siap dioperasikan

PLN: Jaringan listrik delapan desa di Amfoang siap dioperasikan

Supervisor Teknik Jaringan Sub Rayon Naikliu, PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur Hengky Funay. (Antara/Aloysius Lewokeda)

Kupang (ANTARA) - Supervisor Teknik Jaringan Sub Rayon Naikliu, PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Hengky Funay, mengemukakan pembangunan jaringan listrik pada delapan desa di wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang, yang merupakan wilayah perbatasan dengan negara Timor Leste sudah siap beroperasi.

"Jaringan listrik yang menghubungkan delapan desa di Amfoang sudah siap beroperasi sekitar awal Agustus 2019 mendatang," katanya kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu terkait perkembangan pembangunan kelistrikan di wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang, yang merupakan wilayah perbatasan dengan Distrik Oekusi, negara Timor Leste.

Hengky menjelaskan kedelapan desa itu di antaranya, Desa Soliu, Desa Elfatu, Desa Sukibe, dan Desa Timau di Kecamatan Amfoang Barat Laut.

Selain itu, Desa Bioba Baru, Desa Manubelon, di Kecamatan Amfoang Barat Daya, serta Desa Fatumonas dan Desa Binafun di Kecamatan Amfoang Tengah.

"Jaringan listrik ke desa-desa ini sudah selesai dibangun dengan total panjang jaringan yang mau kami operasikan sepanjang 58 kilo meter sirkuit (kms)," katanya.

Ia mengatakan, para petugas PLN dari Ranting Oesao juga sudah melakukan sosialisasi ke desa-desa yang akan dioperasikan jaringan listriknya pada awal Agustus.

Hengky mengatakan, pihaknya terus mengejar pembangunan kelistrikan di wilayah Amfoang dengan target semua desa akan terjangkau jaringan listrik hingga akhir 2019.

Hengky mengatakan, beberapa desa di antaranya masih dalam tahap pengerjaan seperti Desa Bimanus dan Desa Bitobe di Kecamatan Amfoang Tengah, serta desa Fatuzuki di Kecamatan Amfoang Selatan.

Selain itu, beberapa desa sedang proses pematokan lokasi seperti di Desa Honuk, Desa Faunaes, di Kecamatan Amfoang Barat Laut, serta Desa Lekole dan Desa Nefoneut di Kecamatan Amfoang Barat Daya.

"Untuk itu kami berharap pemerintah desa dan masyarakatnya terus mendukung terutama terkait lahan untuk dilalui jaringan listrik," ujarnya.***1***

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menteri BUMN resmikan PLTS Pulau Messa

Komentar