Solo (ANTARA) -
Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Surakarta memberikan bantuan berupa air bersih di sejumlah daerah di Soloraya pada musim kemarau kali ini.

"Hari ini giliran Kabupaten Sukoharjo yang kami berikan bantuan, tepatnya di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo," kata Perwakilan Tim Program ACT Surakarta Ardiyan Sapto di Solo, Senin.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberikan bantuan puluhan ribu liter air bersih.

"Aksi kemanusiaan ini disambut positif warga setempat karena mereka hanya bisa mengandalkan bantuan air bersih dari para dermawan saat terjadinya kekeringan," katanya.

Baca juga: ACT salurkan 8.000 liter air bersih atasi kekeringan di Aceh Tamiang

Implementasi program bantuan air bersih tersebut, dikatakannya, berkolaborasi dengan mahasiswa KKN UNS Tematik.

"Sebetulnya Desa Kunden sudah pernah mendapatkan bantuan sumur bor dari pemerintah tetapi fungsinya tidak begitu optimal. Sehari hanya dapat digunakan dalam kurun waktu 1 jam," katanya.

Sebelumnya, ACT melakukan kegiatan serupa di tiga desa, yaitu Songbledek, Lomujing, dan Sumberejo yang terletak di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Sragen.

"Merujuk data prediksi kekeringan oleh BMKG, tahun ini kemarau akan terjadi lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya, bisa sampai enam bulan ke depan. Jadi kami berupaya meringankan beban masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, dikatakannya, terkait dengan bantuan air bersih untuk daerah kekeringan di Soloraya tersebut akan diintensifkan selama enam bulan ke depan.***3***

Baca juga: ACT NTB kembali distribusikan bantuan 10.000 liter air
Baca juga: ACT-Lampung beri bantuan droping air bersih ke Bakung
Baca juga: ACT salurkan 15.000 liter air bersih ke Banyuwangi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019