Akuatik

Lochte datang, Lochte menang

Lochte datang, Lochte menang

Perenang Amerika Serikat Ryan Lochte (AFP/Lachlan Cunningham)

Los Angeles, Amerika Serikat (ANTARA) - Peraih enam medali emas Olimpiade, Ryan Lochte, kembali ke kolam renang setelah selesai menjalani larangan tampil selama 14 bulan, dengan langsung menjuarai gaya ganti 200 meter perseorangan putra, Minggu waktu AS, dalam kejuaraan nasional renang AS di Palo Alto, California.

Lochte (35) mencatat waktu 1 menit 57,76 detik untuk menjadi juara nasional yang sekaligus memastikan dirinya untuk kelima kalinya masuk tim Olimpiade tahun depan.

"Jauh lebih mudah 10 tahun lalu," kata Lochte yang finis 1,07 detik di depan peraih medali perak Shalne Casas. "Saya harus melewati banyak jalan menuju 2020."

Lochte dilarang berenang selama 10 bulan setelah skandal Olimpiade 2016 karena mengarang cerita perampokan sewaktu mabuk-mabukan pada suatu malam di Rio de Janeiro.

Baca juga: Horton tak menyesal telah lukai hati Sun Yang

Dia kembali dikenai larangan berenang selama 14 bulan oleh Badan Anti-Doping AS karena menginfusikan vitamin ke pembuluh darah yang merupakan tindakan terlarang dalam olah raga.

Selama absen dari renang, Lochte muncul dari reality show televisi Amerika Serikat, Celebrity Big Brother, selain mendapatkan perawatan rehabilitasi kecanduan alkohol.

Lochte yang akan genap 36 tahun pada Olimpiade Tokyo tahun depan, memenangi medali emas Olimpiade nomor 200m gaya punggung pada 2008 di Beijing dan gaya ganti 400m perseorangan pada 2012 di London serta memenangkan 4x200m estafet gaya bebas pada 2004, 2008, 2012 dan 2016.

Dia sudah memenangkan total 12 medali dari empat Olimpiade berbeda, demikian AFP.

Baca juga: Dressel, Ladecky boyong medali emas untuk AS

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Perenang Indonesia kembali rebut 4 emas

Komentar