Sabtu, 2 Agustus 2014

Pesawat Antariksa NASA Terbang Lintas di Atas Merkurius

Kamis, 2 Oktober 2008 10:39 WIB | 1.292 Views
Washington (ANTARA News) - Washington, 2/10 (ANTARA/AFP) - Sebuah pesawat penyelidik antariksa AS akan terbang di atas planet Merkurius pekan depan untuk membuat foto atas planet terkecil tata surya itu, dalam terbang lintas kedua dari tiga penerbangan yang direncanakan, NASA mengumumkan Rabu.

Pesawat antariksa MESSENGER (MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry and Ranging) akan meluncur melewati bagian terdalam planet itu pada ketinggian 201 kilometer, dengan kameranya mengambil lebih dari 1.200 gambar permukaan Merkurius yang penuh kawah tersebut.

Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari, dan karena risiko tinggi akibat kedekatannya, tarikan gaya gravitasi Matahari yang kuat sekali dan tingkat radiasinya yang sangat tinggi, planet itu menjadi benda langit paling misterius dalam tata surya, sekalipun jarak Merkurius relatif dekat dengan Bumi.

"Hasil dari terbang lintas pertama MESSENGER dekat Merkurius menyudahi perdebatan yang telah berlangsung lebih dari 30 tahun," kata Sean Solomon, penyelidik utama misi itu dari Institut Carnegie Washington, seperti dilaporkan AFP.

"Terbang lintas kedua itu akan memberikan informasi lebih jauh lagi tentang planet itu."

MESSENGER pertama melakukan terbang lintas dekat Merkurius pada Januari tahun ini, dan akan melakukan terbang lintas terakhir pada September 2009. Pada saat itu, MESSENGER telah mengorbit Matahari sebanyak 15 kali dan menempuh perjalanan sejauh delapan miliar kilometer.

Perjalanan pekan depan diharapkan akan menyelidiki sisi berlawanan dari planet itu ketimbang bagian yang tampak pada kunjungan pertama, kata Louise Prockter, ilmuwan instrumen bagi Mercury Dual Imaging System pesawat antariksa itu di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins, Laurel, Maryland.

Para ilmuwan dan pengamat berharap pesawat penyelidik itu akan memghasilkan banyak lagi jawaban atas proses fisika yang mempenagruhi atmosfir Merkurius, bersama dengan informasi lebih lanjut mengenai partikel-pertikel bermuatan yang terletak di sekitar medan magnetis dinamis planet itu.

MESSENGER dilengkapi dengan altimeter untuk mengukur topografi planet itu, yang untuk pertama akalinya, akan memungkinkan para ilmuwan menghubungkan pengukuran topografi yang tepat dengan citra resolusi tinggi dari permukaan planet itu.

Sebelum MESSENGER, satu-satu pesawat antaiksa yang pernah menyambangi Merkurius adalah Mariner 10, yang melintas dekat planet itu sebanyak tiga kali pada 1974 dan 1975. (*)

COPYRIGHT © 2008

Komentar Pembaca
Baca Juga