Washington (ANTARA News/AFP) - Hampir sembilan dari 10 orang Amerika percaya ekonomi Amerika Serikat masih terperosok dalam resesi, demikian jajak pendapat CNN baru yang dirilis Kamis.

Sepenuhnya 87 persen dari mereka yang ditanyai dalam survei CNN mengatakan mereka percaya Amerika Serikat berada dalam sebuah resesi serius, moderat atau ringan.

Persepsi publik tentang kesejahteraan perekonomian sangat penting, terutama di Amerika Serikat di mana dua-pertiga dari kegiatan ekonomi adalah pengeluaran konsumen.

"Para ekonom mungkin akan berspekulasi bahwa resesi berakhir, tapi jangan katakan kepada publik Amerika," kata Direktur Polling CNN Keating Holland.

"Kabar baiknya - jika Anda dapat menyebutnya kabar baik - adalah bahwa jumlah yang mengatakan hal-hal buruk telah menurun terus sejak musim gugur yang lalu - dari tertinggi selama ini 83 persen pada bulan November menjadi 77 persen pada bulan April dan 69 persen sekarang," tambah Holland.

Persentase orang yang disurvei yang percaya Amerika Serikat berada dalam sebuah resesi serius berkurang sedikit dari 42 persen pada bulan Mei menjadi 36 persen sekarang.

Republik, yang berkuasa selama delapan tahun, menyalahkan lebih pada keadaan ekonomi AS daripada Partai Demokrat, 41-27 persen.

Tetapi menyalahkan telah beralih ke Partai Demokrat sejak Mei ketika hanya 21 persen dari mereka yang disurvei menganggap mereka bertanggung jawab atas keadaan ekonomi, dibandingkan 53 persen yang menyalahkan Republikan. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009