London (ANTARA News/AFP) - Pasar-pasar saham utama Eropa naik tajam pada perdagangan Rabu waktu setempat, di tengah gelombang optimisme para investor bahwa kecenderungan penurunan terburuk ekonomi global telah berakhir, kata para dealer.

Di London, indeks FTSE 100 dari saham-saham utama naik 1,63 persen menjadi ditutup pada 5.124,13 poin, indeks CAC 40 di Paris naik 1,46 persen menjadi berakhir pada 3.807,32 poin dan indeks Dax di Frankfurt bertambah 1,27 persen menjadi ditutup pada 5.700,26 poin.

"Sentimen para investor terus diuntungkan dari komentar Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, termasuk kegiatan merger dan akuisisi," kata Joseph Hargett dari perusahaan AS Schaeffer`s Investment Research.

Bernanke pada Selasa mengatakan, bahwa resesi di Amerika Serikat -- ekonomi terbesar dunia dan pusat krisis ekonomi global terburuk dalam beberapa dekade-- adalah "sangat mungkin berakhir" tapi menambahkan pemulihan akan lambat.

Menambah suasana positif adalah data AS yang menunjukkan produksi industri AS melompat 0,8 persen pada Agustus, kenaikan kedua bulan berturut-turut setelah revisi naik 1,0 persen pada Juli.

"Kenaikan produksi pada Juli dan Agustus mendukung pandangan kami bahwa ekonomi bangkit dari resesi dalam kuartal ketiga," kata Dawn Desjardins dari RBC Economics Research.

Kenaikan prospek ekonomi juga membantu mendorong kenaikan saham-saham di Wall Street, dimana Dow Jones Industrial Average naik 0,65 persen menjadi 9.746,44 poin dan indeks teknologi Nasdaq naik 1,05 persen menjadi 2.124,71 poin pada tengah hari.

Di tempat lain di Eropa, bursa saham Madrid naik 1,32 persen, Milan menguat 1,55 persen, Zurich rally 1,40 persen dan Brussels naik 1,23 persen.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009