Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Aktor watak Ken Howard dipilih sebagai ketua Serikat Kerja Aktor Layar Hollywood (SAG) Kamis, kata perhimpunan itu, empat hari setelah dia memenangkan Emmy untuk film TV HBO `Grey Gardens.`

Howard, mewakili kubu moderat dalam perpecahan tajam di serikat itu, memenangkan dukungan 47 persen dari suara dalam satu pemungutan suara untuk menggantikan Alan Rosenberg, yang tak berhasil melanjutkan masa jabatan dua tahunan ketiganya.

Rosenberg adalah pengikut kubu garis keras yang tak berhasil menghadapi suatu kontrak pekerjaan baru dengan beberapa studio pada awal tahun ini.

Dia mendukung Anne-Marie Johnson, yang hanya meraih dukungan 33 persen suara untuk jabatan yang tak dibayar itu.

Howard, 65 tahun, mengusulkan hubungan erat dengan perhimpunan Hollywood yang lebih kecil, AFTRA (Federasi Artis Televisi dan Radio Amerika), dalam rangka membuat para aktor lebih kuat dalam posisi tawar-menawarnya di perundingan.

Para anggota SAG hampir membatalkan penggabungan itu pada 2003, ketika Melissa Gilbert memimpin serikat kerja.

"Meskipun terjadi perbedaan tajam tapi kami terus aktif dalam masalah perhimpunan, bahkan terkadang meliputi strategi dan taktik, kami ingin terus mengingatkan diri kami bahwa kami semua adalah dalam satu tim, berjuang untuk kepentingan yang sama dan hanya dengan bersatu kami akan tumbuh lebih kuat," kata Howard.

Howard mendapat penghargaan Minggu untuk peran pendukungnya sebagai Phelan Beale, mantan suami `si Besar` Edie Beale dalam `Grey Gardens,` suatu proyek berdasarkan dokumentasi yang mengisahkan sepasang sosialita eksentrik yang hidup dalam kemelaratan.

Dalam pemungutan suara itu, kelompok moderat memperkokoh posisi mereka dalam menguasai perhimpunan, dengan memenangkan sebagian besar kursi pada badan nasional SAG yang beranggotakan 71 orang.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009