Rabu, 1 Oktober 2014

Radio Rancangan Temanggung Raih Penghargaan di London

Rabu, 18 Maret 2009 11:22 WIB | 981 Views
London (ANTARA News) - Radio kayu buatan pengrajin di kampung Kandangan, Temanggung berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam desain produk di London.

Radio kayu Magno yang didesain dan diproduksi Singgih Susilo Kartono berhasil meraih penghargaan sangat prestisius Brit Insurance Design of the Year 2009.

Penghargaan itu diserahkan dalam acara makan malam yang dispronsori stasiun televisi swasta Channel 4, Selasa malam.

Selain penghargaan untuk desain produk, The Design Museum juga memberikan penghargaan untuk katagori Architecture, Fashion, Furniture, Graphics, Interactive, dan Transport

The Design Museum merupakan museum terkemuka di dunia yang memberikan penghargaan kepada desain kontemporer di berbagai negara dan katagori .

Singgih mengatakan di London, Rabu, ia sendiri merasa mendapat suatu kejutan. "Saya tidak mengira apresiasi terhadap Magno Wooden radio ini cukup tinggi," katanya lalu mengatakan radio kayu desainnya menggunakan  pendekatan filosofi desain Asia.

Hal ini menurut Singgih sangat sejalan dengan prinsip-prinsip "sustainable design."

Radio kayu yang diberi merek Magno itu, sebelumnya juga diumumkan menjadi pemenang Good Design Award 2008 di Jepang untuk kategori Innovation/Pioneering & Experimental Design.

Magno juga masuk nominasi untuk Grand Awards untuk Desain for Asia Award yang digelar di Hongkong.

Radio kayu buatan Singgih bermerek Magno lebih banyak diekspor ke Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat dengan jumlah 300-400 unit per tahun.

Penghargaan Brit Insurance Design diumumkan 18 Maret, yang pemenangnya dipilih oleh panel terdiri dari sembilan orang.

Selama 12 bulan dewan juri yang terdiri para desainer terkemuka memberikan penghargaan The Brit Insurance Design Awards 2009, di bidang arsitektur dimenangkan oleh New Oslo Opera House.

Katagori fashion dimenangkan majalah Vogue Italia yang dalam terbitan Juli 2008, majalah Vogue, Italia menulis laporannya mengenai A Black Issue for Fashion.

Majalah Vogue Italia mendedikasikan terbitannya bulan Juli khusus mengenai kisah sukses model yang berkulit warna hitam.

The Design Museum, yang dibentuk 25 tahun lalu memberikan penghargaan untuk katagori funiture diraih disain bangku MYTO, sedangkan katagori desain grafis diraih oleh poster yang mengambarkan Barack Obama.

Sedangkan katagori Transport dimenangkan Colombia`s Line-J Medellin Metro Cable.

Pemenang untuk disain produk kontemporer tersebut berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Colombia, USA, Norway dan Italia.

Ketujuh pemenang diundang ke London untuk mendapatkan penghargaan yang sangat prestigious Brit Insurance Design of the Year 2009,dalam acara makan malam.

Dewan juri terdiri atas pakar desain terkemuka, diantaranya Alan Yentob, dan mereka mengaku sulit menentukan pemenang. Juri lainnya adalah  desainer senior yang juga kurator arsitektur Paola Antonelli, desainer lingkungan dan pendidik Karen Blincoe, serta arsitek Peter Cook, penulis kritisi fasion Sarah Mower.

Produk pemenang desain dipamerkan di Design Museum, Shad Thames , London hingga 14 Juni mendatang.

Dewan juri memuji konsep dan desain Singgih S Kartono yang mengunakan produk lokal dengan pengrajin dari daerah sekitar. "Enterprenur asal Indonesia memiliki ide kreatif di balik idenya membuat radio kayu yang membantu ekonomi daerah dengan mempekerjakan masyarakat di desa Kandangan," kata dewan juri. (*)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2009

Komentar Pembaca