Setidaknya capaian yang didapatkan dalam bersaing di The FISU World University Games 2021 akan lebih tinggi dari capaian target kalian
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan Pesta Olahraga Universitas Sedunia (Universiade) FISU ke-31 di Chengdu, Provinsi Sichuan, China barat daya, merupakan peluang mahasiswa Indonesia untuk meraih prestasi global.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam menuturkan Indonesia mengirim 51 atlet mahasiswa yang akan berlaga di ajang olahraga internasional tersebut.

“Harapan untuk para atlet kontingen untuk bisa menjadi yang tercepat, terkuat, dan tertinggi, dalam meraih prestasi yang diinginkan,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

The FISU World University Games 2021 diselenggarakan oleh Federasi Olahraga Universitas Internasional pada 25 Juli sampai 9 Agustus 2023.

Para atlet mahasiswa yang berasal dari 31 perguruan tinggi di Indonesia tersebut akan memperebutkan gelar pada delapan cabang olahraga (cabor), diantaranya renang, judo, tenis, atletik, taekwondo, wushu, rowing, dan badminton.

Baca juga: Universiade Chengdu sambut kontingen luar negeri pertama
Baca juga: Melihat dari dekat sejumlah venue Universiade Chengdu


Nizam pun memberikan dukungan penuh kepada para atlet dan menyatakan harapannya kepada setiap atlet agar dapat meraih prestasi terbaik.

“Setidaknya capaian yang didapatkan dalam bersaing di The FISU World University Games 2021 akan lebih tinggi dari capaian target kalian," ujarnya.

Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia sekaligus Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Sri Gunani merinci jumlah atlet kontingen yang terlibat di setiap cabang olahraga.

Jumlah kontingen di setiap cabor itu yakni sembilan atlet cabor renang, tiga atlet cabor judo, empat atlet cabor tenis, sembilan atlet cabor atletik, enam atlet cabor taekwondo, delapan atlet cabor wushu, dua atlet cabor rowing, dan 10 atlet badminton.

Selain itu sebanyak 18 pelatih cabang olahraga dan tujuh official kontingen Indonesia juga terlibat dalam ajang tersebut.

“Harapannya untuk para atlet melakukan yang terbaik dan menunjukkan jati diri sebagai atlet Indonesia untuk memperjuangkan kemenangan dalam cabang olahraga yang dipertandingkan," ujar Sri.

Baca juga: Presiden Xi akan hadiri upacara pembukaan Universiade Chengdu

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023