Jakarta (ANTARA News) - Para investor mendesak Nokia untuk bekerjasama dengan Microsoft, untuk menyiasati serangan iPhone Apple dan puluhan perangkat Google Android.

Saham perusahaan ponsel Finlandia itu pada Senin kembali naik dengan dilayangkannya sebuah surat terbuka dari seorang analis industri untuk Nokia agar perangkatnya menggunakan sistem operasi Windows Phone 7.

Sementara itu, ada juga surat lainnya yang dikirimkan oleh Adnaan Ahmad, seorang analis Bank Berenberg yang berkantor di London untuk mendesak Nokia meninggalkan sistem operasinya yang berbasis Linux MeeGo.

Sejauh ini Nokia telah gagal merespon iPhone dan Android, setelah Nokia mendominasi pasar industri mobile dari 1990an dan awal 2000an. Pangsa pasarnya terus menurun, meskipun Nokia telah menghabiskan hampir $ 4 milyar untuk penelitian dan pengembangan pada 2010 menurut data Bernstein Research.

Sementara itu Microsoft Windows Phone 7 mendapatkan banyak ulasan positif ketika dirilis pada Oktober, tetapi Apple dan Google setahun lebih awal memperbarui sistem operasi smartphone mereka untuk merekrut pengembang aplikasi.

Surat Ahmaad itu ditujukan kepada CEO Nokia Stephen Elop dan mitranya Microsoft Steve Ballmer dan menyarankan mereka untuk bergabung dan menjadi tandem yang kuat.

Surat itu datang disaat yang tepat dan mendapatkan respon yang bagus dari para kalangan pengamat industri dan diminati investor.

Surat itu memberi masukan pada konferensi keuangan Nokia dimana Elop, mantan seorang eksekutif Microsoft mengatakan,"Selain perangkat yang mutakhir kita harus membangun, memanfaatkan dan/atau bergabung dengan ekosistem yang kompetitif"

Dia menggunakan kata "bergabung dengan ekosistem" secara luas ditafsirkan sebagai niat untuk mengadopsi sistem operasi pihak ketiga.

Spekulasi kesepakatan antara Nokia dan Microsoft terjadi kurang dari dua minggu sebelum Mobile World Congress di Barcelona, acara tahunan industri mobile, dimana perusahaan itu sering membuat pengumuman penting. Perusahaan Finlandia juga memiliki jadwal pertemuan dengan investor di London pada Februari 11.

Selain Windows Phone 7. Jika Nokia menolak menggunakan Meego, Nokia masih memiliki pilihan utama yaitu bergabung dengan sistem operasi Google Android yang juga berbasis Linux, tetapi Ahmad khawatir akan ide tersebut.

"Ini mungkin ide yang baik untuk satu atau dua tahun yang lalu, tetapi tidak hari ini," tulisnya.

"Anda tidak akan pernah mampu mengejar ketinggalan dengan Samsung, dimana Android memiliki peran dalam produk kelas menengah (TV, PC, telepon dan tablet), serta komponen dasarnya."

Pada kuartal keempat tahun lalu, saham Nokia di pasar smartphone high-margin anjlok hampir 10 persen pada periode yang sama 2009, menjadi 31 persen, Telegraph melaporkan.

(Adam/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011