Selasa, 2 September 2014

Kredit Pegadaian Palembang Lampaui Target

Selasa, 28 Juni 2011 16:20 WIB | 2.112 Views
Kredit Pegadaian Palembang Lampaui Target
Ilustrasi (FOTO ANTARA/SYAIFUL ARIF)
Palembang (ANTARA News) - Penyaluran kredit yang dilakukan pihak Perum Pegadaian Palembang, mencapai Rp176 miliar, atau melampaui target sebesar Rp162 miliar hingga akhir Juni 2011.

Pimpinan Wilayah IV Perum Pegadaian setempat, Suyatno, di Palembang, Selasa mengatakan, pihak perusahaan itu selama Juni 2011 menargetkan menyalurkan kredit sebesar Rp162 miliar, namun realisasinya melebihi Rp176 miliar.

"Penyaluran kredit itu akan mengalami peningkatan signifikan kisaran 12 persen pada Oktober mendatang, karena sudah mendekati tahun ajaran baru. Biasanya warga banyak perlu dana cepat untuk anak sekolah," katanya.

Mengenai barang yang dijadikan agunan untuk mendapatkan kredit pegadaian tersebut, menurut Suyatno, hingga saat ini masih dominan 92 persen barang perhiasan emas dan sisanya barang gudang.

Sedangkan kendaraan roda empat, sekarang ini mulai berkurang, namun lebih banyak dalam bentuk layanan kredit baru dengan agunan surat berharga kendaraan yakni buku Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor.

"Sekarang ini warga lebih cenderung mendapatkan kredit dengan agunan BPKB, karena di samping persyaratan mudah, juga kendaraan tersebut masih bisa dipakai," katanya lagi.

Logam mulia

Lebih lanjut Suyatno mengatakan, perusahaan tersebut sekarang ini menggalakkan paket logam mulia, karena banyak diminati nasabah.

Menurut dia, pihak pegadaian Palembang rata-rata bisa menjual delapan sampai sembilan kilogram logam mulia per bulan.

Bahkan melalui kegiatan Palembang expo 2011 yang diadakan di Palembang, 16-21 Juni lalu, pihak Pegadaian setempat berhasil menjual 1.520 gram logam mulia emas 24 karat.

Pimpinan Pegadaian Syariah Palembang, Ramlan Kholil, sebelumnya mengatakan pihaknya tidak memperkirakan animo pengunjung pameran yang sangat luar biasa untuk membeli emas.

Sebanyak 300 keping emas batangan terjual selama masa pameran, kata dia. Menurut dia, emas tersebut mulai dari lima gram sampai 100 gram per keping, dengan harga Rp432.485 per gram; dan nasabah disyaratkan minimal membeli seberat 5 gram.

Baik Pimpinan wilayah IV Perum Pegadaian Palembang, Suyatno maupun, Pimpinan Pegadaian Syariah, Ramlan menyatakan, bahwa emas batangan yang mereka jual tersebut bersertifikat internasional, sehingga tidak diragukan keasliannya.

(ANT.M033)



(T.M033/B/I006/I006) 28-06-2011 14:33:49

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga