Tangerang (ANTARA News) - PT Angkasa Pura II selaku Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menyiapkan 288 jadwal penerbangan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Untuk mengatasi lonjakan penumpang, maka kami sudah siapkan 288 jadwal penerbangan atau mengalami kenaikan dibandingkan hari biasanya," kata General Senior Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura II Sudariyanto saat ekspose Rencana Operasional Angkutan Penumpang Hari Raya Natal dan Tahun Baru di Kantor Cabang PT Angkasa Pura II, Kamis.

Dijelaskannya, dari total 288 penerbangan yang telah disiapkan, 33 diantaranya merupakan untuk penerbangan internasional dan 250 penerbangan lagi yakni domestik.

Adapun tujuan penerbangan saat Natal dan Tahun Baru yakni Yogyakarta, Manado, Medan dan Padang dengan masing - masing 28 penerbangan. Kemudian, Makasar dan Denpasar dengan 22 penerbangan.

Sementara untuk luar negeri, tujuan liburan ke Singapura tercatat dengan 30 penerbangan dan Taipe dengan delapan penerbangan.

Lalu, dengan adanya peningkatan dibandingkan hari biasanya, maka beberapa maskapai pun menambah jumlah penerbangan.

Seperti halnya Batavia dengan melakukan 205 penerbangan untuk domestik, Garuda dengan 52 penerbangan dan Air Lines dengan delapan penerbangan.

"Untuk penerbangan ke luar negeri seperti Singapura dan Taipeh, maka akan dipegang oleh Garuda  Airlines," katanya.

Direktur Operasional PT Angkasa Pura II Jaya Tahoma menjelaskan, untuk mengantisipasi hal lainnya, seperti penumpukan penumpang, keterlambatan penerbangan, kemacetan dan juga hal-hal teknis lainnya, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta)

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak maskapai, bea cukai, polisi, imigrasi dan pihak lain demi kenyamanan dan keamanan penumpang selama Natal dan Tahun Baru ini," katanya.

Pihaknya menjamin, bahwa dengan persiapan yang sudah matang ini, semua layanan penumpang bisa dioptimalkan.

"Sejak saat ini, pihak kepolisian sudah mulai melakukan pengetatan pengamaan di sejumlah titik bagi kenyamanan penumpang tersebut," katanya.

(ANT-154/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011