Kami menginginkan di tingkat paling rendah khususnya di keluarga harus bersih sehingga program kabupaten sehat yang kita canangkan dapat berhasil,"
Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengharapkan kepada warganya untuk membiasakan perilaku sehat dengan memperhatikan kebersihan keluarga dan lingkungannya masing-masing.

"Kami menginginkan di tingkat paling rendah khususnya di keluarga harus bersih sehingga program kabupaten sehat yang kita canangkan dapat berhasil," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat Lazuardi di Simpang Ampek, Senin.

Dia mengatakan, pihaknya menargetkan pada 2013 ini akan berlomba menjadi kabupaten sehat di tingkat Sumbar. Tahap awal tingkat keluarga menjadi sasaran dalam mengampanyekan hidup bersih.

Menurutnya, kabupaten sehat menjadi program unggulan tahun 2013 ini. Program yang diusung adalah dengan menjalankan kegiatan pengelolaan sanitasi lingkungan dan rumah tangga secara menyeluruh.

Dia berharap masyarakat dapat menggunakan air bersih, WC dan pembuangan limbah. Sehingga sumber penyakit yang ada disetiap rumah tangga bisa berlahan-lahan dihilangkan.

"Kebersihan keluarga menjadi sasaran sehingga akan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sumber penyakit dari makanan dan air akan kita upayakan menghilangkannya,"kata dia.

Dia menjelaskan, selain mewujudkan keluarga dan lingkungan sehat, pihaknya mengharapkan pola prilaku hidup sehat akan mengakar di tengah-tengah masyarakat.

"Terpenting sekali masyarakat sadar dan diharapkan ada perubahan prilaku menuju hidup sehat," ujar dia.

Untuk menjangkau keluarga di setiap nagari (desa), katanya, pihaknya akan memaksimalkan tenaga kesehatan yang ada. Mulai dari dokter, perawat, bidan dan dari masyarakat sendiri.

Melalui sarana prasaran kesehatan mulai dari Puskesmas, Posyandu, Polindes dan bidan desa maka berbagai penyuluhan akan dilakukan untuk mewujudkan kabupaten sehat.

"Kami berharap ada dukungan dari semua elemen dalam mewujudkan program unggulan ini," harap dia.
(KR-MLN/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013