Jakarta (ANTARA) - Perusahaan produk kebutuhan rumah tangga Kao Indonesia bersama Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) dan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbud RI) menggelar kegiatan “Edukasi Anak KAO (Kreatif, Aktif, Optimis)” sebagai bagian dari kampanye “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)” dan “Kampanye Sekolah Sehat (KSS)” di lima provinsi di Indonesia.

Melalui siaran persnya, Selasa (25/7/2023), acara peresmian program “Edukasi Anak KAO” dilaksanakan di Jakarta serta akan dilaksanakan di lima provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Edukasi Anak KAO” dilakukan dengan melakukan promosi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kesehatan, kebersihan diri, dan lingkungan melalui “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (PHBS)”

“Kampanye Sekolah Sehat merupakan upaya semua pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, mitra, satuan pendidikan, private sectore dan pemangku kepentingan masyarakat lainnya, serta guru dan orang tua,” kata Widyaprada Ahli Utama Kemendikbudristek RI Dr. Abdul Halim Muharam.

Baca juga: Program Sekolah Bersinar dorong gaya hidup aktif anak

Pilar Sehat Fisik, Sehat Bergizi dan Sehat Imunisasi dalam pilar Kampanye Sekolah Sehat, merupakan bagian dari Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Kemenkes RI dengan target fokus pada anak-anak usia sekolah.

Dalam pelaksanaannya, “Edukasi Anak KAO” dilakukan dengan pendekatan yang menyenangkan, modul yang disesuaikan dengan minat anak, serta disampaikan oleh tenaga medis yang interaktif. Edukasi kepada tenaga pengajar di sekolah sasaran juga dilakukan agar dapat menjangkau lebih banyak siswa dan dapat dilakukan secara berkelanjutan.

"Selain edukasi PHBS, dengan adanya edukasi terkait dengan manajemen kebersihan menstruasi dan panduan bijak bermedia sosial bagi kelompok usia anak dan remaja juga penting dan menjadi tambahan poin dalam edukasi yang akan diselenggarakan nanti,” kata Ketua Tim Kerja Peningkatan Literasi Kesehatan di Institusi Pendidikan Kemenkes RI Dhefi Ratnawati

“Kegiatan edukasi ini merupakan kolaborasi dan wujud implementasi nyata dari Kemitraan Pentahelix yang melibatkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari unsur Pemerintah,” kata Association Vice President Legal, Compliance, IR dan Corporate Communications Kao Indonesia Wisik Restu.

Baca juga: Pemerintah merevitalisasi UKS melalui kampanye Sekolah Sehat

Baca juga: Kemendikbud gencarkan sekolah sehat via permainan tradisional

Baca juga: BPOM didik anak sekolah pilih makanan sehat lewat Germas Sapa

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023