Ende, Flores (ANTARA News) - Sebagian besar wilayah di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini diselimuti abu vulkanik yang berasal dari letusan Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka.

"Gunung Rokatenda pada saat letusan, sempat terjadi hujan abu dengan tebal satu milimeter di pos pemantau Gunung Rokatenda yang berada di pantai utara NTT, yang berjarak 17 kilometer selatan Gunung Rokatenda," kata Petrus Tiba, Pemantau Gunung Api Iya dan Rokatenda yang berpusat di Ropa, Kabupaten Ende, Flores, Minggu.

Ia menjelaskan suara letusan dan gemuruh dari Gunung Rokatenda terdengar hingga pos pengamatan dan terlihat lava menyebur dari puncak gunung.

Menurut Petrus semburan debu vulkanik mencapai 4.000 meter di atas permukaan laut, sehingga menyebar ke sebagian besar di Pulau Flores.

Sementara itu, Maria Fasih, warga Desa Nangapenda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Ende, mengatakan, sejak pagi hingga saat ini, langit masih tertutup debu vulkanis.

Warga pun diimbau untuk menggunakan masker saat ke luar rumah guna menghindari penyakit saluran pernapasan akibat debu vulkanik tersebut.

(ANTARA)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013