Masyarakat Nigeria sangat tertarik dengan batik Indonesia karena keragamannya yang sangat besar,"
Jakarta (ANTARA News) - Batik Indonesia menjadi produk garmen yang menjadi favorit masyarakat Nigeria.

"Masyarakat Nigeria sangat tertarik dengan batik Indonesia karena keragamannya yang sangat besar," ujar Dirjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, usai jumpa pers Indonesia Fashion Week 2013 di Jakarta, Selasa.

Euis menjelaskan bahwa Nigeria sendiri memiliki seni kain batik serta tenun, namun keragaman seni batik serta tenun yang dimiliki Indonesia membuat negara di benua Afrika ini menaruh hati.

Hal itu disampaikan Euis setelah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia berkunjung ke Nigeria beberapa waktu lalu. "Mereka berniat untuk mengembangkan batik lokal dengan mendalami aneka teknik batik Indonesia," kata Euis.

Menurut Euis, batik yang dimiliki Nigeria belum memiliki identitas dan ciri khas, sementara batik Indonesia sudah menjadi seni budaya sejak jaman Kerajaan Mataram.

"Batik Indonesia selalu memiliki filosofi tersendiri. Mungkin inilah yang membuat mereka tertarik," ujar dia.

Lebih lanjut Euis mengatakan bahwa pihaknya berniat untuk membantu mengembangkan batik Nigeria. Euis juga berjanji tidak akan memberikan rancangan batik Indonesia yang sudah dikonservasi.

Pertemuan dengan pihak pemerintah Nigeria mengenai kerjasama batik ini rencananya akan dilakukan pada perhelatan Indonesia Fashion Week 2013.

"Memang belum ada perjanjian secara khusus, namun kami akan menyiapkan desain batik Indonesia-Nigeria untuk dipresentasikan saat pertemuan nanti," imbuh Euis.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013