Saya bangga sekali, jarang daerah yang saya kunjungi punya semangat gotong royong yang tinggi seperti Sangihe,"
Sangihe, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengaku bangga terhadap warga di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, karena mempunyai semangat gotong royong yang tinggi.

"Saya bangga sekali, jarang daerah yang saya kunjungi punya semangat gotong royong yang tinggi seperti Sangihe," kata Mensos saat melakukan Bedah Kampung di Desa Leboh, Kecamatan Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Sabtu.

Mensos menyaksikan langsung gotong royong warga dalam hal menyediakan makanan untuk acara tersebut di mana makanan yang disuguhkan dibawa dari rumah masing-masing.

Selain itu, dalam perbaikan rumah tidak layak huni melalui Program Bedah Kampung, warga juga saling tolong-menolong misalnya ada warga yang membawa kerikil, pasir dan sebagainya.

"Program Bedah Kampung membangkitkan semangat tolong-menolong, bukan hanya dalam bentuk barang bisa juga bentuk lain misalnya tenaga," kata Mensos.

Mensos berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk melakukan Bedah Kampung. Sebanyak 120 unit RTLH di Desa Leboh di bedah dengan anggaran sebesar Rp10 juta setiap rumah.

Bedah Rumah dilaksanakan masyarakat dengan pola gotong royong dibantu relawan sosial dan organisasi sosial lainnya termasuk TNI/Polri sebagai wujud kesetiakawanan sosial.

Kepulauan Sangihe merupakan salah satu pulau terdepan dan pintu gerbang Indonesia dimana sebelah utara berbatasan langsung dengan Filiphina.
(D016/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013