Jakarta (ANTARA News) - Tim paduan suara Badan Koordinasi Keamanan Laut, Indonesia Raksamahiva Comudresu Choir (IRCC), berhasil memperoleh penghargaan "Diploma Gold II" dengan kategori lagu daerah dengan poin 22,4.

"Alhamdulillah pada Lomba Paduan Suara Internasional dan Festival Budapest di Hongaria, 24--28 Maret 2013, tim paduan suara Bakorkamla mendapatkan penghargaan Diploma Gold level II," kata Kepala Pelaksana Harian Bakorkamla Laksamana Madya Bambang Suwarto ketika tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin malam.

Hal itu, kata Bambang, patut disyukuri Bakorkamla mendapatkan penghargaan tersebut karena ini merupakan pertama kali tim paduan suara itu mengikuti kompetisi.

Menurut dia, meski tim paduan suara Bakorkamla yang berdiri pada tanggal 17 September 2012, baru pertama kali mengikuti kompetisi menorehkan hasil yang relatif cukup memuaskan.

"Kita cukup puas dengan hasil yang telah dicapai. Tim paduan suara ini baru mengikuti kompetisi di kancah internasional. Bahkan, tim ini belum pernah mengikuti kompetisi di dalam negeri. Namun, di kancah internasional sudah membuahkan hasil yang cukup baik," kata Bambang yang mendampingi tim paduan suara Bakorkamla selama kompetisi di Hongaria.

Ke depan, lanjut dia, prestasi tersebut akan terus ditingkatkan, bahkan pihaknya akan menambah jumlah personel paduan suara yang saat ini berjumlah 20 orang.

"Latihan akan terus dilakukan agar memperoleh prestasi yang lebih baik lagi," ucap Bambang.

Penyelenggaraan festival yang bertepatan dengan musim dingin tak mengendurkan semangat personil untuk tampil maksimal meski banyak anggota IRCC yang mengalami influenza pada saat tampil menyanyikan dua lagu daerah hingga berhasil meraih "Diploma Gold II".

Perolehan poin IRCC Bakorkamla dengan kategori "Folklore" (lagu daerah) yang menyanyikan dua buah lagu, yakni Ondel-Ondel dan Sirih Kuning, yang merupakan lagu daerah Betawi.

Kategori lagu daerah itu diikuti oleh 12 tim paduan suara yang berasal dari sembilan negara, yaitu Bosnia and Herzegovina, Estonia, Indonesia, Lithuania, Amerika, Jepang, Rusia, Turki, dan Hongaria.

Tim paduan suara Bakorkamla yang terdiri atas 20 orang hanya berada di bawah tim Female Chamber Choir Banjalucanke dari Bosnia and Herzegovina yang meraih 23,85 poin dengan penghargaan "Diploma Gold IV" dan tim Haapsalu Kammerkoor dari Estonia yang meraih poin 23,15 dengan penghargaan "Diploma Gold III".

Festival Internasionalnya sendiri diikuti oleh 61 tim paduan suara yang berasal dari 20 negara yang melombakan beberapa kategori, antara lain, "Chamber Choirs of Equal Voices`, `Mixed Chamber Choirs` dan `Folklore`.

Selain tim paduan suara dari Bakorkamla, ada juga tim paduan suara dari Universitas Pelita Harapan Tangerang ikut mendaftarkan dalam festival dua tahunan itu. Namun, menjelang waktu penyelenggaraannya tim tersebut batal berangkat.(*)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013