Saya senang sekali karena ini emas pertama saya di kejuaraan dunia. Selain itu, saya juga menjadi tim Indonesia yang pertama menyumbang emas hari ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Karateka putra Indonesia Faizal Zainuddin meraih medali emas perdananya setelah mengungguli karateka asal Austria, Kaserer Thomas, dengan nilai 4-1 pada kategori kata individu di Kejuaraan Dunia Karate 1 Premier League 2013 di Istora Senayan Jakarta, Sabtu.

Faizal menjadi wakil Indonesia yang pertama kali mempersembahkan emas. Dia menampilkan jurus suparinpei yang mampu mematahkan jurus kankusho dari Kaserer sehingga unggul telak 4-1.

"Saya senang sekali karena ini emas pertama saya di kejuaraan dunia. Selain itu, saya juga menjadi tim Indonesia yang pertama menyumbang emas hari ini," kata Faizal.

Menurut Faizal, dirinya dalam kondisi fit dan siap berlaga sehingga bisa menampilkan atraksi yang baik. Kemenangan ini juga menebus kekalahannya bersama timnya di kategori beregu putra yang gagal mempertahankan medali emas setelah langkahnya terhenti di babak semifinal.

"Tadi lawan saya juga sepertinya salah strategi karena sudah pakai jurus andalannya di babak kualifikasi," jelas peraih medali emas SEA Games 2007, 2009, dan 2011.

Pada kategori kata individu putra, Indonesia juga mendapat medali perunggu yang dipersembahkan oleh Putu Yoga Yudistira. Dia meraih perunggu dari babak repechage dengan mengalahkan atlet Vietnam, Nguyen Thanh Long dengan nilai 4-1.

Sebelumnya, pada babak kualifikasi, Putu kalah dari perang saudara melawan Faizal dengan hasil 1-4.
(M047/D007)

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013