Jayapura (ANTARA News) - Harga bawang merah di Kota Jayapura, Provinsi Papua, dalam dua pekan terakhir masih tetap tinggi dengan harga kisaran Rp70 ribu hingga Rp75 ribu/kg.

Harga bawang merah sejak awal Juli hingga saat ini masih tetap stabil tinggi, kata Sahar salah seorang pedagang bumbu-bumbu di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Ia menjelaskan, untuk harga bawang merah kualitas baik, dijual Rp75 ribu/Kg, sedangkan bawang merah kualitas biasa Rp70 ribu/Kg.

Hal senada dikemukakan Anton, salah seorang pedagang di Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan mengatakan bahwa harga bawang merah masih berkisar Rp70 ribu hingga Rp75 ribu/Kg.

Ia mengatakan, bawang merah yang dijual itu semuanya didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur. Diperkirakan harga tersebut akan melonjak karena permintaan terus meningkat. Sedangkan untuk komoditas bawang merah lokal, hingga kini pasokannya masih minim.

"Jika tidak pasokan yang lancar bisa dipastikan nanti saat H-3 Idul Fitri pasti harga bawang merah akan melonjak naik," katanya seraya berharap pemerintah lewat instansi terkait segera memperhatikan hal tersebut.

Sementara, itu Ny. Siti Maemunah pemilik warung di Jalan Baru Tanah Hitam mengaku naiknya harga bawang merah cukup memberatkan dirinya. "Untung saja saya hanya berjualan saat sore hari hingga malam. Jika berjualan dihari biasa pasti memberatkan karena harga bawang merah cukup mahal Rp75 ribu/Kg," katanya.

Pantauan Antara dilapangan harga bawang merah di beberapa pedagang di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura bervariasi antara Rp70 ribu hingga Rp75 ribu/Kg pada semua kualitas. Demikian juga harga bawang putih masih di kisaran Rp25.000 per kilogram. Dan cabai merah Rp50 ribu hingga Rp55 ribu/Kg.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013