Jakarta (ANTARA News) - Tim basket 3X3 U-18 Indonesia optimistis bisa meraih gelar juara pada ajang Asian Youth Games (AYG) yang berlangsung di Nanjing, Korea Selatan, pada 16-24 Agustus.

"Harusnya bisa menang. Kami yakin karena tidak bertemu dengan tim kuat China dan juga termotivasi tim senior yang menang juara dunia di Jepang," kata salah satu pemain, Vincent Rivaldi Kosasih, ditemui ANTARA News di Jakarta, sebelum berangkat pada Kamis dini hari.

Vincent mengaku ia dan ketiga rekannya, Revaldo, Sandy Ibrahim, Alkristian Chandra semakin solid sebagai tim. Mereka juga telah menjalani uji coba di Thailand dan Australia sebelum berlaga di ajang multievent junior pertama yang akan mereka ikuti.

"Sebelumnya kami juga sudah sparing dengan Tim U-19 yang akan berangkat uji coba ke Shanghai, China," ujar pemain berusia 17 tahun itu.

Pada AYG 2013, Vincent dan timnya satu grup dengan Filipina, Arab Saudi, dan Republik Maladewa. "Filipina yang paling kami waspadai, paling berat," tambahnya.

Sementara itu pada tim putri, Indonesia menurunkan pemain Vinny Rusadi, Adriani Nabila, Calista Elvira, dan Monica Kristianti Halim. Tim putri akan menghadapi tantangan lebih berat karena harus meladeni Tim Putri China, Uzbekistan, dan Palestina.

"Kami melihat ada chance untuk menang baik pada tim putra dan putri. Target kami mendapat medali," kata pelatih Youbel Sondakh.

Kedua tim telah menjalani persiapan intens sejak Februari lalu. "Tetapi problemnya mereka tidak bisa terlalu lama di pelatnas karena masih harus sekolah, jadi bolak balik," jelasnya.

Pada kejuaraan multievent empat tahunan yang berlangsung untuk kedua kalinya ini, Indonesia mengirim 104 atlet dari 14 cabang olahraga termasuk basket 3X3.

Pewarta: Monalisa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013