Kalau lihat trennya begini, saya percaya September sudah akan balik ke normal
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Chatib Basri menyatakan laju inflasi Agustus 2013 sebesar 1,12 persen yang baru diumumkan oleh Badan Pusat Statistik, di bawah perkiraan pemerintah sebelumnya sebesar 1,27 persen.

"Alhamdulillah, (sebelumnya) kami perkirakan 1,27 persen, berarti inflasinya lebih rendah dari perkiraan kami," ujar Chatib saat ditemui usai rapat dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin.

Dengan inflasi Agustus yang lebih rendah dari prediksi tersebut, lanjut Chatib, pihaknya optimistis inflasi pada September akan kembali normal sesuai jalurnya.

"Kalau lihat trennya begini, saya percaya September sudah akan balik ke normal. Juli 3,3 persen, sekarang 1,1 persen, ya September sudah di bawah satu kan, kembali ke normal sehingga inflasinya in line," tutur Chatib.

Menurut Chatib, pemerintah dan Bank Indonesia perlu memperhatikan imported inflation atau inflasi yang diakibatkan perubahan harga di luar negeri, yang turut memberikan kontribusi terhadap inflasi di Tanah Air.

"Yang mesti dijaga ini adalah imported inflation yang membuat rupiah melemah, karena itu akan sangat ditolong dengan penghapusan (sistem) kuota itu," ujarnya.

Selain itu, Chatib juga menambahkan, kendati inflasi Agustus 2013 mulai menunjukkan angka yang lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, hal tersebut belum merubah proyeksi inflasi pemerintah sebelumnya untuk 2013 sebesar 9,2 persen.

"Lebih baik ditaruh 9,2 persen dulu deh, jangan cepet-cepet girang," tutur Chatib.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013