Jadi, memang perlu ada cadangan...
Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 587 orang calon haji asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah memenuhi semua syarat keberangkatan, menjadi cadangan untuk mengisi kuota jika ada jamaah calon haji yang batal berangkat karena berbagai sebab.

"Sebanyak 587 orang calon haji itu sudah mengantongi paspor, tinggal visa saja sehingga jika ada jamaah yang batal, maka tinggal diproses pengisiannya saja," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama NTB H Ma`ad Umar, di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, pengisian kuota jamaah calon haji yang batal berangkat itu masih dapat dilakukan sampai batas pengurusan visa di Arab Saudi pada 10 September 2013. Menurut dia, kemungkinan terjadi pembatalan keberangkatan masih tetap ada, jika mengacu kepada pengalaman musim haji sebelumnya.

"Mungkin saja, ada yang sakit dan minta dibatalkan, atau karena meninggal dunia, dan sebab lainnya. Kalau itu ada tinggal dilakukan pengisian karena 587 orang calon haji siap menggantikannya," ujarnya.

Ma`ad mengatakan, sebanyak 587 orang calon haji itu tidak masuk daftar jamaah calon haji NTB tahun ini karena terkena kebijakan pengurangan kuota haji yang mencapai 20 persen oleh Pemerintah Arab Saudi akibat adanya renovasi di sekitar Masjidil Haram yang belum selesai.

"Jadi, memang perlu ada cadangan, karena sebelum penetapan jumlah jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini, ada 20 orang yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji, tetapi batal berangkat karena meninggal dunia, sakit dan ingin bersama-sama keluarganya pada musim haji berikutnya," ujarnya.

Pemberangkatan jamaah calon haji NTB yang terbagi dalam 12 kelompok terbang (kloter), akan dimulai pada 9 September 2013, atau 35 hari sebelum Idul Adha 1434 Hijriah, melalui Embarkasi Lombok.

Jamaah calon haji NTB sebanyak 3.599 orang, ditambah 11 orang petugas haji TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), 11 orang TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), dan 33 orang TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia), sehingga totalnya mencapai 3.654 orang.

Kloter pertama sebanyak 325 orang asal Kabupaten Lombok Tengah, yang dijadwalkan berangkat 9 September 2013 pukul 17.00 Wita, dan kembali ke Lombok pada 21 Oktober pukul 17.35 Wita, sedang kloter keduabelas sebanyak 79 orang asal Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur, Kota Mataram, dan Kabupaten Sumbawa, yang akan bergabung dengan kloter dari embarkasi haji daerah lain.

Pewarta: Anwar Maga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013