Sesuai agenda, keberangkatan jamaah calon haji cadangan ini dijadwalkan pada 9 Juni ini bersama rombongan jamaah calon haji dari kabupaten/kota lain
Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur memastikan keberangkatan sebanyak 108 jamaah calon haji cadangan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji 1441 Hijriah/2023 Masehi.

"Sesuai agenda, keberangkatan jamaah calon haji cadangan ini dijadwalkan pada 9 Juni ini bersama rombongan jamaah calon haji dari kabupaten/kota lain," kata Kasi Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Ponorogo Marjuni di Ponorogo, Senin.

Ia menjelaskan 108 jamaah calon haji cadangan asal Ponorogo ini diberangkatkan di kelompok terbang (kloter) 44. Mereka akan bergabung dengan ratusan calhaj lain asal Surabaya, Magetan, dan Kota Madiun.

Rombongan calhaj di Kloter 44 ini sedianya akan ditampung lebih dulu di Asrama Haji Sukolilo Surabaya sebelum diberangkatkan melalui Bandara Internasional Juanda.

Dijelaskan, 108 calhaj tersebut berasal dari cadangan pertama, kedua dan ketiga. Rinciannya, untuk cadangan pertama dari 21 yang sudah melunasi bipih (biaya perjalanan ibadah haji) sebanyak 20 orang, lalu cadangan kedua dari 26 orang dinyatakan lunas semuanya.

Sedangkan cadangan ketiga yang disiapkan 124 orang yang disertakan untuk berangkat sebanyak 62 orang.

"Dari cadangan tiga 124 orang yang sudah lunas 71 orang tapi yang dapat porsi saat ini hanya 62 orang," katanya.

Sedangkan untuk jamaah calhaj cadangan yang sudah lunas namun belum tertampung masih bisa berpotensi berangkat tahun ini.

Namun, kata dia,kepastiannya masih menunggu apakah dari 108 jamaah calhaj cadangan tersebut ada yang batal berangkat atau tidak.

"Bisa juga dari kabupaten lain berkurang karena menunda nantinya bisa diisi dari sini," katanya.

Secara keseluruhan total calon jamaah haji asal Ponorogo yang berangkat yakni 597 jamaah, yang terbagi menjadi tiga kloter.

Kloter 10 sebanyak 398 calhaj, kloter 11 sebanyak 100 calhaj yang telah berangkat pada tanggal 27 Mei dan kloter 44 sebanyak 108 calhaj yang akan berangkat pada 9 Juni nanti, demikian Marjuni.

Baca juga: Calon haji asal Ponorogo meninggal di Masjid Nabawi

Baca juga: Sisa kuota haji untuk cadangan yang lunas BPIH

Baca juga: Sebanyak 366 Warga Ponorogo Pulang Haji Tanpa Zamzam

Baca juga: Kepri dapat kuota 586 calon haji reguler dan 118 cadangan

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023