Washington (ANTARA News) - Gedung Putih menyelamati Tokyo atas suksesnya menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 dengan mengatakan budaya, tradisi dan energinya yang kaya telah menjadi pilihan tepat (bagi penyelenggaraan Olimpiade).

Tokyo menyisihkan Istanbul dan Madrid Saturday untuk mendapatkan kehormatan pada pertemuan anggota Komisi Olimpiade Internasional (IOC) di rgentina.

"Atas nama Presiden Obama dan Amerika Serikat, dengan bahagia saya mengucapkan selamat kepada kota Tokyo, dan sekutu terdekat kami Jepang, atas keterpilihannya menjadi tuan rumah  Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2020," kata Gedung Putih seperti dikutip AFP.

"Budaya, tradisi dan energi kota Tokyo yang kaya membuatnya menjadi pilihan tepat sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Seperti telah kami lakukan pada 1964, kami menantikan kegembiraan Tim AS di kota yang melambangkan cita-cita Olimpiade mengenai keunggulan, kehormatan dan persahabatan sebagaimana kita semua mempromosikan kesalingpahaman internasional melalui olah raga."

Tokyo sebelumnya menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1964.

Keterpilihan Tokyo berarti keterpilihan keempatkalinya Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade.  Dua lainnya adalah tuan Olimpiade Musim Dingin Nagano (1998) dan Sapporo (1972).

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013