New York (ANTARA News) - 400 orang terkaya Amerika menjadi semakin kaya pada 2013 dibandingkan setahun sebelumnya, sedangkan kaum muda Amerika mencapai percepatan kekayaan yang lebih cepat dibandingkan generasi "baby boomer" sebelum mereka, demikian hasil dua laporan seperti disiarkan Reuters.

Data tahunan Forbes mengenai daftar 400 terkaya AS memperlihatkan bahwa total kekayaan orang-orang terkaya melompat 19 persen dari tahun lalu menjadi 2,02 triliun dolar AS atau naik 1,7 triliun dolar AS.

Sementara rata-rata kekayaan bersih per orang menjadi 5 miliar dolar AS atau naik dari 4,2 miliar dolar AS tahun lalu. Kini dalam hitungan asset kekayaan mereka mencapai 1,3 miliar dolar AS per orang.

Penempat posisi tertinggi adalah Bill Gates yang kini berumur 57 tahun dan memiliki kekayaan bersih 72 miliar dolar AS. Diikuti Warren Buffett yang kini kekayaan bersihnya naik menjadi 58,5 miliar dolar AS.

Rata-rata umur orang terkaya Amerika ini adalah 66 tahun.  Hanya 32 orang yang masuk kategori berusia 48 tahun dan di bawahnya, termasuk Generasi X atau Generasi Y, sedangkan sisanya adalah dari generasi baby boomer.

Kebanyakan dari orang terkaya muda usia ini berpredikat terkaya karena bisnis industri teknologi, antara lain pendiri Facebook Mark Zuckerberg (urutan 20), pembuat komputer Michael Dell (25), jagoan Yahoo Jerry Yang (327), Elon Musk (61) dari Tesla Motor dan dua bos  Google, Larry Page dan Sergey Brin (urutan 13 dan 14).

"Butuh waktu lama untuk membangun sebuah perusahan yang menghasilkan miliaran dolar AS, kecuali Anda mewarisinya," kata editor senior Forber Kerry Dolan seperti dikutip Reuters.

Satu survei lainnya yang dirilis Senin ini lebih menunjukkan munculnya generasi jutawan muda.

Fidelity Millionaire Outlook menunjukkan bahwa orang-orang kaya muda dari Generasi X dan Generasi Y lebih sukses menghimpun uang dan asset dibandingkan jutawan  baby boomer.

Penghasilan kelompok jutawan usia 48 tahun dan lebih muda adalah 677 ribu dolar AS, sedangkan yang lebih tua dari mereka berpenghasilan 198 ribu dolar AS.  Rata-rata total asset orang-orang kaya muda ini adalah 5,7 juta dolar AS, sedangkan jutawan tua rata-rata 5,2 juta dolar AS.

"Saya kira permainan telah berubah," kata Brian Dombkowski, kepala investasi Sand Hill Global Advisors yaang mengelola 1,25 miliar dolar AS asset klien-kliennya.

"Usahawan muda kini mencetak uang dari membangun pijakan yang lebih kuat, dan mereka mendapat ganjaran dari pasar untuk hal itu. Kami melihat terciptanya kemakmuran yang jauh lebih signifikan dibandingkan yang kita ciptakan pada generasi sebelumnya."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013