Timnas putri itu sempat vakum lama, keberadaan WNBL ini sangat mempermudah proses seleksi untuk timnas,"
Jakarta (ANTARA News) - Manajer tim nasional bola basket putri, Hasan Gozali, mengatakan berlangsungnya Speedy Liga Bola Basket Nasional Putri (WNBL) Indonesia memudahkan proses seleksi pemain yang akan ditunjuk membela nama Indonesia di tingkat regional maupun internasional.

"Timnas putri itu sempat vakum lama, keberadaan WNBL ini sangat mempermudah proses seleksi untuk timnas," kata Hasan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Speedy WNBL 2013-2014 akan melangsungkan Seri I di Gedung Basket Hall A Senayan Jakarta pada 15-19 Januari.

Menurut Hasan yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Komisaris WNBL itu, memasuki musim ketiga WNBL ada kemunculan fakta baru yang memberi angin segar bagi dunia bola basket putri di Indonesia.

"WNBL 2013-2014 ini sangat menggembirakan dengan banyaknya pemain-pemain berusia muda yang tampil di tingkat profesional," katanya.

"Banyaknya pemain berusia muda itu menandakan kemajuan liga. Itu juga memperlihatkan meningkatnya antusiasme, yang nantinya berpengaruh langsung terhadap kemudahan proses seleksi pembentukan timnas bola basket putri," ujar Hasan menambahkan.

WNBL memasuki musim ketiga kali ini setelah di dua musim pertama partai final selalu berlangsung antara dua tim, yaitu Surabaya Fever dan Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta.

Pada musim perdana WNBL, Fever keluar sebagai juara dengan mengalahkan Tomang Sakti 81-58. Setahun berselang Tomang Sakti menuntaskan dendam dengan memaksa Fever mengakui keunggulan tim asal Jakarta tersebut dengan skor akhir 61-47.

WNBL juga mengalami transformasi positif selama dua tahun keberlangsungan yaitu pertambahan jumlah peserta dari lima di musim pertama menjadi enam sejak musim kedua.

Sementara itu Manajer Eksekutif Umum Komersial PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Muhammad Firdaus, yang menjadi sponsor utama liga melalui produk layanan sambungan internet Speedy berharap WNBL 2013-2014 dapat terus melahirkan bakat-bakat bagi dunia bola basket putri nasional.

"WNBL harus bisa melahirkan bakat-bakat yang akan bersaing bukan hanya di tingkat nasional, tetapi regional atau bahkan internasional bagi Indonesia," katanya.

Ia juga berharap WNBL dapat terus memicu minat remaja putri untuk bermain dan menekuni bola basket.

"Keberadaan WNBL kan memang mendorong banyak remaja putri bermain basket. Nantinya semakin banyak remaja putri main, semakin mudah kita melakukan seleksi untuk atlet tim nasional," ujarnya.

Sebagai laga pembuka WNBL 2013-2014 Fever akan berhadapan dengan Merah Putih Predators Jakarta, yang kemudian dilanjutkan dengan pertandingan antara juara bertahan Tomang Sakti melawan Sahabat Wisma Sehati Semarang.

Menariknya kedua laga tersebut mempertemukan pelaku babak Championships pada WNBL musim 2012-2013.

Pewarta: Gilang G
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014