Jakarta (ANTARA News) - Tampil di kandang lawan tidak menjadi halangan bagi Manchester City untuk menggelar pesta gol dan sekaligus merampas puncak klasemen Liga Premier dari Arsenal setelah menghancurkan tuan rumah Tottenham Hotspur 5-1 di White Hart Lane pagi ini.

Baru 15 menit pertandingan berjalan, City sudah unggul 1-0 setelah Sergio Aguero melepaskan satu tendangan dari sudut sulit ke sisi kanan sudut kiri bawah gawang Hotspur setelah memanfaatkan umpan David Silva.

Tukar menukar serangan terjadi setelah ini. Aguero dan Dzeko terus bernafsu menambah keunggulan, sedangkan Spurs terutama lewat Emmanuel Adebayor berulang kali mengancam gawang City.

Pada menit 44, bencana datang bagi Aguero dan City karena pemain ini menderita cedera sehingga Manuel Pellegrini terpaksa menggantinya dengan Stevan Jovetic.  Babak pertama pun berlalu dengan skor 1-0 untuk City.

Memasuki babak kedua, ritme pertandingan semakin eksplosif.  Tuan rumah bernafsu menyamakan kedudukan, sedangkan tim tamu bernafsu menciptakan gol sebanyak mungkin.

Pada sembilan menit babak kedua itu Dzeko melakukan penetrasi berbahaya di kotak penalti Spurs yang memaksa Denny Rose melakukan pelanggaran berujung kartu merah, sekaligus hukuman penalti.

Yaya Toure sukses mengeksekusi tendangan penalti ini untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Hanya tiga menit dari gol ini, giliran Dzeko menciptakan gol setelah melepaskan tembakan keras lewat kaki kanannya dari tengah kotak penalti ke sudut kanan atas gawang Spurs untuk merevisi skor menjadi 3-0.

Enam menit kemudian pada menit 59 Spurs memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 setelah Etienne Capoue sukses mengonversi satu tendangan menjadi gol.

Namun kelebihan satu pemain dimanfaatkan betul oleh City untuk terus menggedor Spurs.  Pada menit 78, City memperbesar keunggulan menjadi 4-1.  Kali ini pemain pengganti Stevan Jovetic menciptakan gol setelah menerima umpan Fernandinho.

Pada menit 89 giliran kapten Vincent Kompany menciptakan gol untuk City setelah memanfaatkan satu tendangan penjuru.  Kedudukan berubah menjadi 5-1 dan bertahan sampai pertandingan ini usai.

City pun memimpin klasemen Liga Premier dengan mengoleksi 53 poin atau 1 poin lebih besar dibandingkan Arsenal, sedangkan Spurs tertahan di peringkat lima dengan 43 poin.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014