Jakarta (ANTARA News) - Kelahiran Partai Amanat Nasional (PAN) dibidani oleh Majelis Amanat Rakyat (MARA) yang merupakan salah satu organ gerakan reformasi pada era pemerintahan Soeharto, PPSK Yogyakarta, tokoh-tokoh Muhamadiyah, dan Kelompok Tebet.

PAN dideklarasikan di Jakarta pada 23 Agustus 1998 oleh 50 tokoh nasional, beberapa di antaranya Prof. Dr. H. Amien Rais, Faisal Basri MA, Ir. M. Hatta Rajasa, Goenawan Mohammad, Dr. Rizal Ramli, Dr. Albert Hasibuan, Toety Heraty, Prof. Dr. Emil Salim, A.M. Fatwa, dan Zoemrotin.

Awalnya pada pertemuan tanggal 5-6 Agustus 1998 di Bogor, para tokoh sepakat membentuk mesin politik bernama Partai Amanat Bangsa (PAB) namun akhirnya berubah nama menjadi Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebagai partai yang lahir di penghujung era orde baru, PAN pun didirikan dengan mengusung semangat Indonesia baru untuk menggantikan nuansa pemerintahan otoriter yang kental pada jaman orba.

Sejak itu PAN bertujuan menjunjung tinggi dan menegakkan kedaulatan rakyat, keadilan, kemajuan material dan spiritual.

Cita-cita partai juga berakar pada moral agama, kemanusiaan, dan kemajemukan, sedangkan selebihnya PAN menganut prinsip nonsektarian dan nondiskriminatif.

Titik sentral dialog yang digadang-gadang partai ini adalah keadilan dalam mengelola sumber daya sehingga rakyat seluruh Indonesia dapat benar-benar merasakan sebagai warga bangsa.

Partai ini memiliki azas "Ahlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam”. Dengan azas itu PAN menjadikan agama sebagai landasan moral dan

etika berbangsa dan bernegara yang menghargai harkat dan martabat manusia serta kemajemukan dalam memperjuangkan kedaulatan rakyat, keadilan sosial, dan kehidupan bangsa yang lebih baik untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang makmur, maju, mandiri dan bermartabat.

Seiring perjalanannya mengarungi dunia politik tanah air sejak 1998, melalui kongres PAN III di Batam, 8-10 Januari 2010, Ir. M. Hatta Rajasa terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PAN dan Prof. DR. M. Amien Rais, MA sebagai Ketua MPP DPP PAN untuk periode 2010-2015.


Susunan Pengurus
Ketua Umum: Hatta Rajasa
Sekjen: Taufik Kurniawan
Bendahara Umum: Jon Erizal

Alamat: DPP Partai Amanat Nasional Rumah PAN Jl. TB. Simatupang No. 88, Pasar Minggu - Jakarta Selatan 12520 - Indonesia
Telp : 021- 7975588
Fax : 021- 7975632

Perolehan suara pemilu 2009: 6.254.580 suara atau 6,01 persen dari seluruh total suara.

(*)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014