Pertemuan tadi membahas beberapa proyek pembangunan yang ada di ibukota. Kita ingin agar Pemerintah Provinsi DKI selaras dengan pemerintah pusat,"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisyahbana dalam rangka membahas rencana percepatan pembangunan Kota Jakarta.

"Pertemuan tadi membahas beberapa proyek pembangunan yang ada di ibukota. Kita ingin agar Pemerintah Provinsi DKI selaras dengan pemerintah pusat," kata Jokowi usai melakukan pertemuan dengan Kepala Bappenas di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, dalam pertemuan yang tertutup itu telah dibahas secara terperinci bersama dengan Kepala Bappenas mengenai sejumlah proyek pembangunan di Kota Jakarta, baik yang sedang dilakukan maupun yang akan dikerjakan.

"Ternyata, banyak sekali yang masih harus kita bicarakan secara detail, seperti rencana pembangunan monorel, tanggul laut raksasa (giant sea wall), Mass Rapid Transit (MRT), pengolahan air limbah, air minum dan lain-lain," ujar Jokowi.

Oleh karena itu, Pemprov DKI meminta dukungan penuh dari pemerintah pusat, sehingga seluruh rencana dan proyek tersebut dapat segera dimulai dan segera dirampungkan.

"Tentu saja kita ingin agar pembangunan itu bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan, tidak ada yang mangkrak. Makanya, kita minta dukungan penuh dari Bappenas," tutur Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Bappenas Armida Alisyahbana mengungkapkan pihaknya siap melakukan koordinasi secara berkelanjutan dengan Pemprov DKI terkait rencana pembangunan di Jakarta.

"Intinya, proyek-proyek yang sedang berjalan, seperti monorel, MRT, air limbah dan air minum harus diselesaikan secepatnya. Sedangkan, yang akan dikerjakan itu, yakni giant sea wall masih terus kita bicarakan," ungkap Armida.

Dia menambahkan selama ini pihaknya terus melakukan pertemuan secara berkala dengan Pemprov DKI, atau tepatnya dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI mengenai seluruh proyek pembangunan di ibukota. (*)

Pewarta: R.Cornea
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014