Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengimbau pemimpin di daerah supaya berhati-hati memberikan Izin Usaha Pertambangan kepada investor asing karena tidak sedikit yang berlaku curang.

"Saya titip kepada semua bupati, memberikan izin usaha pertambangan atau IUP agar berhati-hati," katanya dalam diskusi bersama aktivisi Salman ITB di rumah dinasnya, Jakarta, Senin.

Ketua Umum PAN ini mengatakan jika semua investor diberi kemudahan maka kekayaan negara bisa dirampas dan tidak bisa diambil kembali.

Pada awalnya para investor seringkali mengatasnamakan nasionalisme negara namun jika tidak diawasi kemudian mereka sering melakukan tindakan yang tidak adil yaitu mengambil aset dan kekayaan yang terkandung di dalam perut bumi Indonesia dengan cara-cara yang tidak benar.

Mantan aktivis Masjid Salman ini meminta investor asing mematuhi peraturan pertambangan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Kontrak Penambangan Batubara (PKP2B).

Hatta mendorong investor masuk ke Indonesia namun mereka juga harus menaati aturan yang ada.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014