Manchester (ANTARA News) - Penjaga gawang utama Manchester United, David de Gea mendapat lampu hijau untuk menggantikan  Victor Valdes guna menempati posisi di bawah mistar timnas Spanyol pada piala dunia Juni mendatang.

Kemenangan 3-0 Barcelona atas Celta Vigo harus dibayar mahal dengan diangkutnya Victor Valdes keluar lapangan karena mengalami cedera. Laman resmi Barcelona mengonfirmasi ada masalah dengan otot ligamen Valdes dan memerlukan operasi.

"Victor valdes mendapat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) ketika melakukan penyelamatan dari tendangan bebas Augusto menit ke-22," ungkap laman resmi Barcelona.

"Tim dokter klub mengonfirmasi bahwa dia membutuhkan pembedahan. Valdes merasakan ada sesuatu yang aneh pada kaki kanan dan memaksannya untuk meminta pergantain pemain."

Waktu enam bulan yang diperlukan Valdes untuk penyembuhan praktis membuatnya tidak bisa berlaga di piala dunia. De Gea, menjadi calon kuat pengganti Valdes.

"Saya ingin memberikan seluruh dukungan untuk seorang penjaga gawang yang saya kagumi dan hormati. Cepat sembuh dan sampai bertemu lagi di lapangan," ujar de Gea seperti dilansir di Daily Mail.

Valdes pun seperti memberikan cap persetujuan kepada kiper kelahiran 1990 itu. "David penjaga gawang yang hebat, terutama ketika kamu berpikir betapa masih mudanya dia. Saya pikir dia akan menjadi yang terbaik dalam jangka waktu yang lama."

De Gea melakukan debut dengan tim senior Atletico Madrid pada 2009. Tampil memukau dengan timnas junior Spanyol membuat raksasa Inggris, Manchester United tertarik dan memboyongnya ke Old Trafford dengan nilai transfer 18 juta pounds.

De Gea telah 32 kali membela setan merah, 87 kali melakukan penyelamatan, dan 11 clean sheets pada Liga Inggris 2013/2014.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014