Jakarta (ANTARA News) - Setelah Microsoft menghadirkan Office ke iPad belum lama ini, kini giliran Adobe yang meluncurkan Lightroom Mobile untuk tablet besutan Apple itu.

Perangkat lunak ini bekerja bertautan dengan versi desktop, sehingga bisa mengedit foto berpindah-pindah antara mobile dan desktop. Namun pengguna terlebih dahulu harus berlangganan fungsi Creative Cloud dan Lightroom 5.

"Aplikasi mobile Lightroom ini membawa perangkat Lightroom untuk iPad yang memberi esensi fotografi, dan memanfaatkan teknologi Smart Preview untuk membebaskan proses mengedit foto dari kungkungan desktop," kata Adobe dalam sebuah pernyataan.

"Lightroom Mobile dirancang pada rancangan sinkronisasi kuat sehingga efektif untuk mengelola dan mengedit foto di desktop, perangkat mobil dan web," lanjut pernyataan itu.

Menurut laman Digital Spy, dengan Lightroom Mobile ini, pengguna dapat masuk ke versi desktop Lightroom 5 menggunakan ID Adobe untuk mengakses konten yang tersimpan di versi desktop tersebut.

Aplikasi di iPad ini menawarkan fungsi editing yang sama dengan versi komputer dan Mac, meskipun terdapat beberapa konsesi.

Semua editan gambar yang dibuat dengan aplikasi mobile, akan sinkron secara otomatis dengan versi desktop.

Penerjemah:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014