Jakarta (ANTARA News) - Microsoft mengatakan bahwa kompetisi teknologi global yang diadakannya, Imagine Cup 2014, , telah melahirkan inovator-inovator teknologi muda Indonesia.

"Tahun ini para finalis Imagine Cup Indonesia semakin kreatif dalam merancang dan menghasilkan aplikasi-aplikasi yang inovatif, berkualitas tinggi dan canggih," kata Developer and Platform Group Director Microsoft Indonesia, Risman Adnan, di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, ajang ini merupakan katalis bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk terus berinovasi menggunakan teknologi milik Microsoft.

Dari total 748 pelajar dan mahasiswa yang mendaftar Imagine Cup 2014, terpilih sembilan tim finalis untuk bersaing pada babak final yang diadakan di Epicentrum Walk, Jakarta, hari ini.

Kesembilan tim finalis terbagi atas tiga kompetisi utama, yaitu Games, Innovation dan World Citizenship.

Selanjutnya, tim yang akan lolos di World Semifinal, akan bertanding pada babak World Final di Seattle, Amerika Serikat pada 29 Juli mendatang.

Pemenang ajang ini akan mendapatkan hadiah utama sebesar 50 ribu dolar AS atau sekitar Rp500 juta untuk masing-masing kompetisi.

"Melalui Imagine Cup 2014, Microsoft berharap dapat mendorong tumbuhnya komunitas pelajar pengembang teknologi informasi di Indonesia dengan menyediakan sarana dan alat agar mereka dapat terus berinovasi," ujar Risman.

Sembilan tim finalis Imagine Cup tahun ini, untuk kompetisi Games diisi oleh tim Monze Digital (ITB), tim Junior Studio (Universitas Trunojoyo, Madura) dan tim New Eleven Del (Institut Teknologi Del, Toba Samosir).

Untuk kompetisi Innovation ada tim Madina Technologies (UI, Politeknik Negeri Jakarta dan UPN Veteran), tim IDE DELTA (ITB) dan tim Avatar (UGM).

Dan untuk kompetisi World Citizenship diisi tim DigiD2 (Institut Teknologi Sepuluh November), tim Genesia (ITB) dan tim Dreambender (Telkom University, ITB dan Unpad).

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014