Fortaleza, Brasil (ANTARA News) - Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari mengatakan, tim tuan rumah Piala Dunia punya alasan untuk puas dengan penampilan mereka kendati ditahan imbang 0-0 dalam pertandingan Grup A oleh Meksiko di Fortaleza, Selasa waktu setempat.

Tim Selecao berjuang untuk menembus lini belakang Meksiko di Stadion Castelao, dan ketika mereka berhasil dimentahkan oleh kiper Guillermo Ochoa, yang melakukan tiga penyelamatan, dua dari Neymar dan satu dari sundulan Thiago Silva.

Namun di depan media Scolari menegaskan bahwa Brasil masih berada di jalur menuju babak 16 besar, dengan hasil imbang melawan Meksiko dan kemenangan 3-1 atas Kroasia pada pertandingan pembuka di Sao Paulo.

"Menurut saya -- ini pendapat saya, bukan para kritikus -- tim bermain lebih baik dibanding saat melawan Kroasia," katanya. "Terdapat sedikitnya peningkatan 10 persen dibanding saat menghadapi Kroasia.

"Tim telah berkembang. Kami masih bisa meningkat, kami masih bisa lolos ke putaran berikutnya. Kami menunjukkan kualitas, karenanya saya puas."

Kamerun dan Kroasia bertemu dalam pertandingan Grup A lainnya di Manaus, Rabu, namun tanpa memperhitungkan apa yang terjadi pada pertandingan itu, Brasil sadar bahwa satu kemenangan melawan Kamerun di Brasilia pada 23 Juni akan memastikan tempat mereka pada fase sistem gugur.

"Meksiko kurang lebih bermain seperti kami. Penguasaan bola mereka nyaris sama, dan jumlah tembakan ke gawang yang sama.

"Hasilnya bukan yang kami inginkan tetapi yang luput dari kami hanya lah gol."

Aspek yang paling membanggakan dari penampilan Brasil terjadi di lini belakang, tempat kapten Silva seperti biasanya memimpin bersama David Luiz.

Mereka bersama-sama memadamkan ancaman Oribe Peralta, striker yang mencetak gol Meksiko saat menang 1-0 atas Kamarun, Jumat lalu, dan juga menyarangkan kedua gol ketika El Tri menundukkan Brasil 2-1 pada final Olimpiade London 2012.

"Seiring dengan berlalunya pertandingan kami berkembang dalam berbagai hal, tetapi orang mulai ragu ketika Anda tidak meraih kemenangan bersama perkembangan tersebut," kata David Luiz yang sekarang gabung ke Paris Saint-Germain seperti dikutip AFP.

"Kami tetap tenang hari ini, bahkan ketika kami kesulitan. Kami sudah tahu apa yang akan terjadi karena pemain Meksiko bergerak dengan baik dan mereka sangat berkualitas di lini tengah."

Tim Brasil sekarang punya waktu istirahat sehari sebelum kembali berlatih di  Teresopolis, Kamis, untuk menyiapkan diri menghadapi pertandingan melawan Kamerun.  

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014