Di Yogyakarta banyak yang sudah berpengalaman dalam industri kreatif khususnya animasi."
Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian akan menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu kota pusat pertumbuhan industri animasi di Indonesia.

"Yogyakarta akan kami jadikan sebagai salah satu kota embrio industri animasi Indonesia," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Triharso dalam Forum Komunikasi Penguatan Kelembagaan Pusat Pengembangan Industri Telematika di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Yogyakarta memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) kreatif dalam bidang industri animasi. Sehingga perlu dikembangkan menjadi pusat industri animasi.

"Di Yogyakarta banyak yang sudah berpengalaman dalam industri kreatif khususnya animasi. Seperti kita tahu film animasi "battle of Surabaya" dan "Ajisaka" berasal dari Yogyakarta," kata dia.

Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk merencanakan pembangunan bersama di bidang industri kreatif tersebut.

Hingga saat ini Kemenperin telah membentuk pusat pertumbuhan di empat kota, yakni Jakarta, Semarang, Bali dan Pacitan

Sementara itu, Kepala Bidang Industri Logam, Sandang, dan Aneka, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM DIY Polin M W Napitupulu menyambut baik rencana pembangunan pusat perindustrian animasi di Yogyakarta.

"Kami juga siap mendukung pengadaan gedung serta alat-alat pendukung yang bisa dari APBD dan APBN," kata dia.

Ia menyebutkan animator di Yogyakarta berjumlah seratusan, namun yang telah mendirikan industri Kecil Menengah (IKM) baru 4 hingga 5 orang.

(KR-LQH/S023)

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014