Jakarta (ANTARA News) - Mengonsumsi sayur dan buah memang disarankan untuk kesehatan, namun tahukah anda bahwa buah tomat bisa membantu menurunkan risiko kanker prostat, menurut penelitian pencegahan penyakit, lycope.

Tomat kaya akan lycopene majemuk, yang sebelumnya telah dikaitkan dengan kesehatan prostat yang baik. Menurut para ilmua, pria diharuskan mengkonsumsi dua kali lipat asupan buah dan sayuran untuk mengurangi risiko kanker prostat.

Dalam penelitian pertama dari Universitas Bristol, Cambridge dan Oxford meneliti diet dan gaya hidup dari hampir 14.000 pria berusa 50-69 yang mengkonsumsi buah  tomat dengan sepuluh porsi dalam seminggu akan mengurangi 18 persen perkembangan kanker prostat.

Satu porsi dihitung sebagai 150g tomat, setengah kaleng kacang panggang, sebagian dari pizza dengan puree tomat, tomat berbasis saus pasta atau segelas jus tomat.

Namun, para peneliti menyarankan agar pria tidak berlebihan untuk mengkonsumsi kacang panggang, pizza dan pasta saus karena mereka dapat mengandung kadar garam yang tinggi.

Kanker prostat adalah penyakit umum dari penyakit pada pria, dengan 41.700 kasus baru dan 10.700 kematian di Inggris setiap tahun.

Menurut pemimpi riset dari Universitas Bristol , buah tomat penting untuk mencegah  kanker prostat.

"Kami juga menemukan pria yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki penurunan risiko kanker prostat. Risiko penurunan angka untuk pria yang makan lima atau lebih porsi buah atau sayuran, dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari dua setengah porsi, adalah 24 persen," tambahnya

Ia menyarankan agar lebih banyak mengkomsi buah dibandingkan suplemen dan mempertahankan 'berat badan yang ideal'.

Dr. Lain Frame dari Prostate Cancer UK mengatakan bahwa penelitian ini sangat sulit untuk diartikan dan harus dilakukan dengan hati-hati.

"Apa yang kita tahu adalah bahwa laki-laki tidak boleh terlalu bergantung pada satu jenis makanan, seperti tomat. Sebuah sehat, diet seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar, bersama-sama dengan olahraga teratur adalah jauh pilihan terbaik," ucapnya

"Meningkatkan kesadaran kunci dikenal faktor risiko untuk kanker prostat - usia, etnis kulit hitam dan riwayat keluarga penyakit - juga penting jika kita ingin mengurangi jumlah orang yang kehilangan hidup mereka untuk penyakit ini setiap tahun," tambahnya

"Setiap orang yang khawatir tentang risiko nya kanker prostat harus mendiskusikan kekhawatiran dengan dokter umum," tandasnya seperti dilaporkan Dailymail.com.

Penerjemah : Intan Umbari P

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014