Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta tahun ini akan membangun 1.000 titik sumur resapan dangkal dan 40 titik sumur resapan dalam di wilayah Jakarta Timur.

"Ini program pemerintah provinsi. Rencananya tahun ini bakal dibangun 3.500 titik sumur resapan di semua wilayah Jakarta. Dan Jakarta Timur 1.040 titik," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Tuti Kurniati di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, tujuan dari dibuatnya sumur resapan tersebut adalah agar masyarakat bisa memperoleh air bersih dengan mudah ketika musim kemarau tahun depan.

"Sekarang itu kan air susah didapatkannya dan mahal. Sumur resapan ini kan bagian dari energi. Dia bisa menampung air hujan untuk digunakan kembali nantinya," kata dia.

Ia mengatakan, kondisi tanah di wilayah Jakarta Timur masih bagus sehingga memungkinkan untuk dibangun sumur resapan.

"Karena tidak semua wilayah di Jakarta ini cocok untuk sumur resapan. Seperti di wilayah utara, kalau digali beberapa meter itu sudah keluar airnya," kata dia.

Saat ini proses pembangunan 40 titik sumur resapan dalam di Jakarta Timur, kata dia, sudah dilakukan seperti di wilayah Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raden

Inten dan kawasan Banjir Kanal Timur.

"Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait program sumur resapan ini. Kemarin kami mengundang guru dan pegawai kecamatan serta lurah untuk mensosialisasikan program ini," kata dia.

Ia berharap, para guru dan pegawai kecamatan/lurah tersebut bisa kembali mensosialisasikan kembali kepada peserta didik atau masyarakatnya.

(SDP-62/R021)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014