6 fraksi (Golkar, Gerindra, Demokrat, PKS, PPP, PAN) sepakat agar rapat paripurna DPR RI dilanjutkan untuk memilih pimpinan DPR RI periode 2014-2019,"
Jakarta (ANTARA News) - Menjelang pemilihan pimpinan DPR RI, 6 fraksi sepakat untuk melanjutkan rapat paripurna DPR RI.

"6 fraksi (Golkar, Gerindra, Demokrat, PKS, PPP, PAN) sepakat agar rapat paripurna DPR RI dilanjutkan untuk memilih pimpinan DPR RI periode 2014-2019," kata Wasekjen PKS, Fahri Hamzah di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Dalam rapat konstelasi malam. 4 fraksi (PDIP, PKB, Hanura dan Nasdem) meminta agar rapat paripurna ditunda.

"Partai Nasdem berusaha agar rapat paripurna ditunda dengan cara membongkar tata tertib. Anehnya, PDIP, PKB dan Hanura mendukung Nasdem. Padahal tataib itu sudah diputuskan dan dibawah UU," kata Fahri.

Dengan cara yang dilakukan PDIP, Nasdem, PKB dan Hanura itu ada upaya untuk menggagalkan pemilihan pimpinan fraksi.

"Ada itikat seperti agar paripurna tidak dilanjutkan, padahal jadwal sudah disepakati dan harus dilanjutkan. Semua itu ada ketakutan dari Koalisi Indonesia hebat. Ada kesan membuat rumit," kata Fahri.

Rencananya, pemilihan pimpinan DPR RI akan dilakukan dalam satu paket dan dipilih dengan sistem voting terbuka.

Sedangkan untuk pimpinan DPR RI dikabarkan beredar nama-nama seperti Setya Novanto (Golkar) untuk Ketua DPR RI. Sedangkan Wakil Ketua DPR RI adalah Fahri Hamzah (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Fadli Zon (Gerindra) dan Hazrul Azwar (PPP). (Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014