Jakarta (ANTARA News) - Brigjen TNI Andika Perkasa yang saat ini menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, yang juga menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono, bakal menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Kepala Dinas Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Inf Bernadus Robert, di Jakarta, Rabu, mengemukakan alih jabatan Andika itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/760/X/2014 tanggal 14 Oktober 2014.

Keputusan Panglima TNI itu berkaitan dengan pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI telah ditetapkan mutasi jabatan empat Perwira Tinggi TNI, termasuk Andika Perkasa.

"Pemutasian ini dalam rangka pembinaan organisasi TNI guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depan," ujarnya.

Selain itu, ia menimpali, "TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi Jabatan Personel di tingkat strata perwira tinggi, sehingga ke depan lebih optimal."

Brigjen TNI Andika Perkasa dipromosikan menjadi Danpaspampres sehingga akan menyandang bintang dua atau berpangkat mayor jenderal. Ia menggantikan Mayjen TNI Doni Monardo, yang dipromosikan menjadi Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Andika Perkasa adalah alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri, kini Akademi Militer/Akmil) 1987, dan alumni Sekolah Staf Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) 2000.  (*)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014