Paris (ANTARA News) - Everton tetap memuncaki klasemen Grup F pada Kamis, ketika mereka ditahan imbang 0-0 oleh tuan rumah Lille pada pertandingan Liga Europa, menyusul hari penuh masalah dan perkelahian di kota itu antara para penggemar dan polisi menjelang pertandingan tersebut.

Klub Merseyside itu, yang memenangi satu-satunya trofi mahkota itu pada 1985 ketika mereka mengangkat Piala Winners, menikmati penguasaan bola sepanjang pertandingan namun mereka kurang tajam di depan ketika kiper nomor satu Nigeria Vincent Enyeama menjinakkan serangan tim tamu.

Hasil imbang itu membuat pasukan Roberto Martinez menjadi lima angka dari tiga pertandingan, di mana tim Jerman Wolfsburg menduduki posisi kedua setelah menang 4-2 Krasnodar di Rusia.

"Saya tahu itu akan menjadi pertandingan berat melawan tim Lille yang bagus, namun saya sedikit kecewa dengan lapangan," kata Martinez.

"Orang-orang mungkin tidak dapat melihatnya di televisi namun lapangannya sangat sulit dan kami tidak bisa mendapatkan bola sebanyak yang kami sukai," tambah pria asal Spanyol itu.

"Itu merupakan penampilan tandang yang sangat bagus dan nilai tandang yang bagus, maka saya gembira dengan hasilnya."

Pada awal hari dan malam itu sebelum pertandingan, para penggemar dari kedua tim terlibat dalam serangkaian perkelahian di jalan-jalan ketika polisi terpaksa mengambil tindakan dengan menggunakan gas air mata.

Terdapat sebagian orang yang mengalami cedera-cedera ringan.

Lille tetap menghuni peringkat ketiga setelah merasakan hasil imbang ketiga secara beruntun, sedangkan Krasnodar turun ke peringkat kedua dari bawah.

Ini merupakan kemenangan pertama Wolfsburg musim ini setelah hasil imbang dan kekalahan pada dua pertandingan awal mereka.

Gol bunuh diri dari bek Swedia Andreas Granqvist pada menit ke-37, membuat juara Jerman 2009 sempat memimpin sebelum mantan gelandang Chelsea Kevin de Bruyne menggandakan keunggulan mereka setelah turun minum.

Graqvist membantu memperbaiki blunder awalnya ketika ia mengonversi dari titik penalti lima menit kemudian, namun Luiz Gustavo merestorasi keunggulan Wolfsburg melalui golnya pada menit ke-64.

Pemain internasional Belgia De Bruyne mencetak gol keduanya di pertandingan ini dengan sepuluh menit tersisa, ketika Wolfsburg memperbaiki keunggulan mereka, sebelum pemain Brazil Wanderson mencetak gol hiburan pada menit ke-86.


Terguncangnya Grup J

Di Grup J, tim Denmark utara Aalborg mengguncang grup ketika mereka mengalahkan tim Dynamo Kiev dari Ukraina yang sebelumnya tidak terkalahkan dengan menang 2-0, sedangkan harapan-harapan tim Rumania Rumania Steaua Bucharest menang 2-1 atas Rio Ave dari Portugal.

Thomas Enovoldsen membawa tim Denmark unggul pada menit ke-11, sebelum Nicolaj Thomsen memastikan raihan tiga angka sebelum turun minum.

Tim Kroasia Rijeka terlalu kuat bagi mantan juara Belanda Feyenoord di Grup G, ketika mereka meraih kemenangan 3-1 di kandang sendiri.

Seluruh gol tercipta pada 27 menit terakhir, ketika Rijeka naik ke peringkat kedua dengan koleksi empat angka bersama Standard Liege, di mana juara bertahan Sevilla menduduki posisi teratas setelah bermain imbang 0-0 di Liege.

Di Swiss, Young Boys mengejutkan mantan juara Piala UEFA Napoli dengan skor 2-0 berkat gol-gol dari mantan penyerang Paris Saint-Germain Guillaume Hoarau dan Leonardo Bertone.

Kemenangan ini membawa Young Boys menduduki peringkat teratas di Grup I berkat selisih gol atas Napoli, sedangkan Sparta Prague dapat menyamai koleksi enam angka berkat kemenangan di markas Slovan Bratislava pada pertandingan yang belum selesai karena masalah keributan penonton di Slovakia.

Fiorentina menguasai puncak klasemen Grup K ketika mereka meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan, melalui kemenangan 1-0 atas PAOK di Yunani. PAOK tetap mengoleksi tiga angka dan menghuni peringkat ketiga.

Tim Prancis Guingamp menduduki peringkat kedua dengan koleksi empat angka setelah menahan imbang 0-0 Dinamo Minsk, ketika tim Belarus meraih nilai pertama mereka.

Dua belas pertandingan baru akan dimainkan pada Kamis petang, di mana klub Liga Prancis Saint-Etienne membawa 10.000 pendukung ke markas Inter Milan, Tottenham menjamu tim Yunani Asteras Tripolis, dan juara Skotlandia Celtic berhadapan dengan Astra Giurgiu dari Romania.  (RF)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014