Dili (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Timor Leste Gastão Francisco de Sousa mengucapkan selamat atas terpilihnya M. Basoeki Hadimuljono sebagai Menteri PU dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan mengharapkan dapat berlanjutnya kerja sama di antara kedua negara.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda dan pemerintah Anda untuk memperkuat hubungan bilateral yang penting antara Timor Leste dengan Indonesia, khususnya di bidang pekerjaan umum," demikian kutipan surat yang disampaikan Gastão Francisco de Sousa kepada M. Basoeki Hadimuljono, yang diterima ANTARA News, Jumat.

De Sousa menilai, kedua negara juga memiliki tanggung jawab untuk menjamin pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur guna meningkatkan ekonomi global dan pemerintahan di daerah masing-masing.

"Saya berharap untuk berbicara masa depan dan mengembangkan lebih banyak kerja sama dengan Anda," demikian de Sousa, yang alumni Fakultas Teknik Eletro Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga di Jawa Tengah.

Kementerian Timor Leste dan Indonesia pada 12 November 2012 sepakat bekerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU).

Timor Leste dalam beberapa tahun ini giat membangun infrastrukturnya, dan beberapa proyeknya dikerjakan maupun dalam tahap persiapan oleh perusahaan Indonesia, baik dari kalangan swasta maupun badan usaha milik negara (BUMN).

Sejumlah BUMN Indonesia mengerjakan proyek di Timor Leste, antara lain jembatan Komoro dikerjakan oleh PT WIKA, perumahaan Kementerian Keuangan dilakukan PPP, bandar udara Suai dilakukan PT Waskita Karya dan bendungan di Zumalai melibatkan PT Brantas. (*)

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014