... untuk mengerahkan helikopter, pesawat pembom hujan buatan, dan modifikasi cuaca... "
Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan ratusan miliar dana yang dikeluarkan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan di sejumlah daerah di Indonesia.

"Rp330 miliar dana yang telah dikeluarkan dan digunakan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo, di Jakarta, Senin.

Dana sebanyak itu digunakan untuk mengerahkan helikopter, pesawat pembom hujan buatan, dan modifikasi cuaca untuk memadamkan api yang membakar hutan.

Namun selain BNPB melakukan upaya pemadaman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga harus bisa melakukan pencegahan.

Karena menurut dia, keberhasilan dan kegagalan dalam penanggulangan bencana asap/kebakaran hutan tergantung pada pencegahan lebih awal di daerah.

Untuk ke depannya diarahkan kepada satuan tugas darat dan satuan tugas penegakan hukum agar bisa mencegah kebakaran hutan.

"Pemerintah telah mengeluarkan dana cukup besar untuk pemadaman sehingga masyarakat diharapkan agar bisa bekerja sama mencegah," tuturnya.

Dikatakannya pertengahan November curah hujan masih terbatas. Pembakaran diperkirakan akan marak lagi sehingga upaya yang harus dilakukan adalah pencegahan.

Untuk aparat di tingkat RT, RW, kelurahan/desa, kecamatan hingga kabupaten/kota harus bertindak tegas dan meningkatkan pengawasan. 

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014