Tangerang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignatius Jonan meninjau Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Rabu untuk memeriksa kesiapan teknis serta pelayanan moda transportasi udara tersebut.

Jonan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.00 WIB kemudian didampingi Sekretaris Jenderal Kemenhub Santoso Eddy Wibowo, Dirut Angkasa Pura II Tri Sunoko memasuki Terminal 1A Bandara dan mengecek "Lounge" Maskapai Lion Air.

Dengan berlari, ia menyusuri ruang "boarding" dan sempat bercengkrama dengan penumpang Lion Air, Hendri tujuan Solo yang sedang menunggu keberangkatan pukul 11.15 WIB.

"Penerbangan jam berapa? Ada keluhan tidak?" tanya Jonan.

Jonan juga sempat meminta agar penerangan di ruang "boarding" cukup, karena ketika ia datang lampu ruangan tersebut padam.

"Saran saya, yang penting pencahayaan cukup," ucapnya.

Ia juga meminta agar direkrut 10 orang "greeting officer" yang muda agar pekerjaan bisa dilakukan dengan gesit.

Selain itu, dia juga sempat menyapa penumpang WNA yang berasal dari Australia.

Ia juga memrotes marka atau "signage" seharusnya difasilitasi oleh pihak Angkasa Pura, bukan dari maskapai.

Pengecekan berlanjut ke pelayanan kesehatan bandara atau "airport health service", Jonan meminta untuk mengutamakan pelayanan terlebih dahulu, baru setelah itu memperbaiki teknisnya.

Kemudian Jonan bertemu dan pihak Maskapai Garuda Indonesia dan membicarakan gaji karyawan maskapai tersebut dengan Dirut Angkasa Pura II Tri Sunoko.

Dalam satu bulan, gaji pilot Garuda sebesar Rp40 juta atau setengahnya dibandingkan pilot luar negeri, yakni Rp80 juta, sementara kru maskapai Rp12 juta.

Setelah itu, ia memeriksa ruang operasi penerbangan dan petugas di sana tengah membereskan berkas-berkas.

Ia juga memeriksa ruang karantina tumbuhan dan ketika akan keluar Terminal 1B, sejumlah ibu-ibu datang dan meminta foto bersama.

Peninjauan selanjutnya menuju menara "air traffic control" sebelum menuju Kantor Otoritas Bandara Soekarno-Hatta.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014